Home / Berita / Daily Economic Review: Meningkatkan Devisa Pariwisata melalui Enam Langkah Strategis

Daily Economic Review: Meningkatkan Devisa Pariwisata melalui Enam Langkah Strategis

Kementerian Pariwisata merivisi target perolehan devisa pariwisata 2019 menjadi USD17,6 miliar dari sebelumnya USD20 miliar.

Untuk menunjang perolehan target tersebut pemerintah dan Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia (Rakorpusda) menyepakati enam langkah strategis.

Pertama, mempercepat penyelesaian beberapa proyek infrastruktur pendukung.

Percepatan penyelesaian diperlukan untuk meningkatkan aksesibilitas dan mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Kedua, pengembangan atraksi wisata yang diarahkan pada peningkatan kualitas pariwisata. Ketiga, peningkatan kualitas amenitas di daerah destinasi wisata.

Keempatmemperkuat promosi pariwisata nasional untuk meningkatkan lama tinggal (length of stay) wisatawan mancanegara.

Kelima, upaya mendorong investasi dan pembiayaan dalam pengembangan destinasi wisata, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), serta perbaikan dukungan data dan informasi. Keenam, penyusunan standar prosedur Manajemen Krisis Kepariwisataan dan membentuk forum Manajemen Krisis Kepariwisataan Daerah (MKK Daerah).

Perbankan dapat berkontribusi dalam pencapaian devisa pariwisata

melalui fasilitas ATM yang memadai, weekend banking termasuk di dalamnya penukaran valas di daerah pariwisata serta pembayaran secara elektronik. Peningkatan kualitas SDM dan vokasi dapat bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan. Dengan majunya sektor pariwisata bukan hanya akan meningkatkan devisa Negara saja tetapi juga memberdayakan masyarakat sekitar sehingga ekonomi masyarakat pun akan semakin meningkat dan diharapkan kehidupan mereka jauh dari garis kemiskinan. 

Sumber Bank Mandiri, edit koranbumn

 

Check Also

KAI Realisasikan Pembayaran Keempat untuk Proyek LRT Jabodebek Senilai Rp 1,4 Triliun

Perkembangan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap I hingga 4 Oktober 2019 telah mencapai 66,13 persen. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *