Home / Berita / Dirkeu RNI menjadi Pembicara Kajian Implementasi Produk Reksadana Syariah Berbasis Pertanian di OJK

Dirkeu RNI menjadi Pembicara Kajian Implementasi Produk Reksadana Syariah Berbasis Pertanian di OJK

Direktur Keuangan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) M. Yana Aditya menjadi pembicara dalam kajian Implementasi Produk Reksadana Syariah Berbasis Pertanian, di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Pasar Modal Syariah OJK Fadilah Kartika Sasi, Kepala Badan Pengembangan Kebijakan Pasar Modal Syariah OJK Arif Machfoed, serta para staf.

Pada kesempatan tersebut Yana Aditya memaparkan berbagai hal mengenai pola pendanaan yang telah dilakukan RNI dalam rangka meningkatkan produktivitas sektor perkebunan, khususnya gula. Di awal pembahasan, Ia menyampaikan perihal aspek regulasi yang digambarkan melalui skema besar kelembagaan gula nasional.

Sebagai sebuah industri yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, industri gula tidak terlepas dari berbagai regulasi yang melingkupinya. Hal tersebut tentunya memberikan dampak pada aktivitas bisnis serta pola pendanaan yang digunakan.

Lebih lanjut, Yana kemudian menjelaskan mengenai pola kemitraan dengan petani tebu yang sudah berjalan di Anak Perusahaan RNI. Ia mengatakan Pola kemitraan tebu rakyat dinilai efektif dari berbagai sudut pandang, salah satunya karena tebu petani dijamin digiling di Pabrik Gula dengan sistem bagi hasil yang sudah ditentukan.

Adapun saat ini OJK khususnya Direktorat Pasar Modal Syariah sedang melakukan Kajian Implementasi Produk Reksa Dana Syariah Berbasis Pertanian. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong penerbitan pilot project produk investasi syariah di pasar modal dengan menggunakan reksadana syariah penyertaan terbatas dengan underlying asset berupa medium term note yang diterbitkan perusahaan/anak perusahaan BUMN yang bergerak di sektor pertanian.

Sumber RNI, edit koranbumn

Check Also

BSN Memberikan Apresiasi atas Komitmen Pupuk Kaltim Terapkan SNI

Sejumlah produk dan inovasi PT Pupuk Kaltim (Persero) yang berbasis teknologi dipamerkan dalam rangkaian peringatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *