Home / Berita / Dirut Edi Sukmoro Ungkapkan Kunci Sukses Transformasi KAI ke Mahasiswa

Dirut Edi Sukmoro Ungkapkan Kunci Sukses Transformasi KAI ke Mahasiswa

Universitas Padjadjaran melalui pusat unggulan BUMN Center of Excellece (Unpad-BCE) menggelar Seri Kuliah Umum Dirut BUMN. Pada Jumat 22 Februari 2019 di Balai Sawala Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, UNPAD mengundang Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro dan PT INTI untuk mengisi Kuliah Umum.

Kegiatan ini dilakukan agar dapat menginspirasi mahasiswa mengenai “seni  kepemimpinan “ yang dilakukan para Dirut BUMN. Antusiasme para mahasiswa pun terlihat dengan penuhnya tempat duduk dari awal acara.

Ketua Unpad BUMN Center of Excellence (BCE), Ernie Tisnawati Sule membuka kegiatan kuliah umum. Ia pun mengapresiasi seluruh Direktur Utama BUMN yang bersedia hadir dan membagikan ilmu kepada para mahasiswa.

Pada materi yang disampaikan, Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro menyampaikan berbagai hal seperti kemajuan sarana dan prasarana kereta api, sistem ticketing dan peningkatan volume angkutan barang juga penumpang yang menggunakan kereta api terus naik dari tahun ke tahun. Saat ini KAI juga tengah mempersiapkan rencana renovasi beberapa stasiun diantaranya Stasiun Bandung dan Cibatu juga terkait proses reaktivasi beberapa jalur kereta api untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah.

Edi mengajak civitas akademika UNPAD untuk memaknai inovasi dan proses transformasi yang dilakukan KAI. Dengan inovasinya, KAI telah banyak melakukan transformasi pelayanan perkeretaapian hingga mendapat beragam penghargaan dalam lima tahun terakhir.

“Pemberian penghargaan (untuk KAI) buat saya itu tidak mengagetkan. Yang saya senangkan adalah mendapat pengakuan dari penumpang bahwa ‘saya senang naik kereta’,” ujarnya.

Ia menjelaskan, terdapat tiga aspek yang menjadi kunci kesuksesan transformasi KAI. Aspek pertama adalah integritas. Ia menilai integritas adalah hal yang wajib dimiliki oleh sumber daya manusia Indonesia.

“Integritas itu nomor satu dan tidak bisa dibeli,” kata Edi.

Aspek kedua adalah kerja keras. Sebagai perusahaan transportasi yang bekerja 24 jam, kerja keras telah menjadi bagian dari setiap karyawan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna kereta api.

Terakhir adalah bersedia melayani. Sikap ini menjadi penting mengingat KAI telah mengubah pola pikirnya menjadi berorientasi pelayanan (service oriented) bukan berorientasi produk (product oriented).


Dirut KAI, Edi Sukmoro (kiri) dan Rektor Unpad menunjukkan dokumen MoU yang telah ditandatangani

Di dalam penyelenggaraan kegiatan juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad yang diwakili Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Budi Setiabudiawan dengan Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

Adapun Nota Kesepahaman tersebut terkait pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Maksud dan tujuannya adalah sebagai landasan kerjasama saling menguntungkan antara kedua belah pihak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk tiga tahun kedepan. (Public Relations KAI)

Check Also

Mulai 19 November 2019, Tiket KA Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah merilis jadwal pembelian tiket KA jarak jauh reguler dan KA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *