Home / Berita / Dirut Pelindo IV Hadiri Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan ke Amerika Serikat

Dirut Pelindo IV Hadiri Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan ke Amerika Serikat

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Farid Padang menghadiri Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan ke Amerika Serikat “Agro Gemilang 2019” ,Sabtu (23/2)

Pelepasan ekspor yang juga dihadiri Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah, tiga Staf Khusus Menteri Pertanian, yakni Prof. Farid A. Bahar, Sam Herodian dan Amir Pattu, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil, Kepala Balai Besar Karantina Makassar, Hasrul, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Victor Vikki Subroto dan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto ini berlangsung di Dermaga 150 Soekarno – Hatta Pelabuhan Makassar .

Dalam sambutannya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Pelindo IV yang telah berupaya membuka Direct Call dan Direct Export langsung dari Pelabuhan Makassar ke beberapa negara di luar negeri . “Alhamdulillah atas usaha Pelindo IV tersebut, meski jarak tidak berubah tapi waktu tempuh berubah jadi lebih cepat. Selain itu, barang yang dikirim belum diterima tetapi Letter of Credit (L/C) sudah bisa dicairkan. Berbeda dengan sebelumnya, (L/C) barang ekspor impor lama baru bisa dicairkan oleh para eksportir,” ujar Nurdin .

Selain itu juga katanya, dulu ekspor tercatat dari Surabaya atau Jakarta, dengan direct call dan direct export, barang yang dikirim kini sudah tercatat di Makassar. “Dan dengan waktu tempuh yang lebih cepat, barang yang diterima juga menjadi lebih segar,” imbuhnya .

Tercatat, ada 11 komoditas pertanian asal Sulawesi Selatan yang dikirim ke 7 negara, dengan total nilai sebesar Rp241,73 miliar. Komoditas yang dilepas berupa cocoa beans dan powder, mete, pisang, kernel, sawit, bungkil sawit, lada putih serta produk asal hewan berupa kulit reptil phyton dan sarang burung walet.

Komoditas yang diekspor berasal dari para petani dan petani milenial yang ada di Sulawesi Selatan, utamanya di sentra-sentra produksi yakni di Kabupaten Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu, Wajo, Pinrang, Bone, Tana Toraja dan Kabupaten Enrekang.

Sumber Pelindo IV, edit koranbumn

Check Also

Kolaborasi Pertamina dengan BPP Mektan Kenalkan Teknologi Pengolah Cabai Pada Mitra Binaan

Pertamina kembali menggelar program lanjutan Pelatihan Teknologi Produk Olahan Cabai kepada petani cabai binaan Pertamina …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *