Home / Berita / Empat Sektor Jadi Andalan Pemerintahan Jokowi dalam 5 Tahun ke Depan Versi KEIN

Empat Sektor Jadi Andalan Pemerintahan Jokowi dalam 5 Tahun ke Depan Versi KEIN

Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN)menyebut ada empat sektor yang bisa menjadi andalan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dalam 5 tahun ke depan untuk membangun iklim investasi.

Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta mengatakan empat sektor yang bisa menjadi andalan investasi yakni pertanian, kemaritiman, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

“Pemerintah harus fokus menggarap sektor hilirisasi pertanian termasuk di bidang kehutanan. Kedua, fokus menggarap maritim termasuk perikanan. Ketiga, bidang pariwisata dan terakhir investasi di bidang ekonomi kreatif,” ujar Arif di Jakarta pada Senin (15/7/2019).

Menurutnya, apabila pemerintahan ke depan memfokuskan pengembangan investasi di empat sektor itu, akan memberikan nilai tambah terhadap sumber daya alam  Indonesia dan menciptakan lapangan kerja yang sangat terbuka.

“Kalau kita bicara pertanian, ekonomi kreatif, maritim, pariwisata, itu semua adalah ekonomi kerakyatan, dan itu semuanya ekonomi sehari-hari yang dikerjakan rakyat Indonesia,” kata Arif.

Meski begitu, sektor lain pun tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Dalam pandangannya, pemerintah juga perlu melakukan investasi untuk pengembangan industri di antaranya investasi petrokimia dan logam dasar.

Pemerintah, lanjutnya, juga dinilai perlu berinvestasi di bidang industri teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Industri ini masuk dalam tiga besar impor dalam neraca perdagangan di luar migas dan pangan.

“Kita harus berani mengembangkan industri ICT. Kita harus berani mengembangkan industri ICT untuk pengembangan 5G. Contohnya Korea sejak Januari mereka akan mengembangkan 6G, mungkin kita bisa terlibat di sana,” kata Arif.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Revisi UU Ketenagakerjaan Masuk Rencana Penyusunan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

Omnibus law UU Cipta Lapangan Kerja disebut bakal turut merevisi UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *