Home / Berita / GARAM Sarankan Ada Penetapan Harga Eceran Tertinggi Garam

GARAM Sarankan Ada Penetapan Harga Eceran Tertinggi Garam

 Harga garam di tingkat petani masih belum menunjukkan kenaikan. Berdasarkan data Asosiasi Petani Garam Rakyat Indonesia (APGRI), harga garam di Madura saat ini berkisar Rp 600 per kilogram (kg) untuk garam kualitas I, Rp 500 per kg untuk garam kualitas II, dan garam kualitas III dihargai Rp 300-Rp 400 per kg.

Supaya harga garam di tingkat petani tetap stabil, Direktur Operasi PT Garam Hartono berpendapat dibutuhkan harga eceran tertinggi (HET) untuk garam. Dia menambahkan, pihaknya pun tak keberatan membeli garam dari petani walaupun terjadi kenaikan karena penetapan HET tersebut.

Menurut Hartono, pihaknya sudah membuktikan hal tersebut dari penyerapan garam petani di tahun lalu. Tahun lalu, PT Garam sudah menyerap garam sebanyak 120.000 ton dengan harga rata-rata sebesar Rp 1,3 juta per ton. “Tahun ini kami melakukan penyerapan dengan harga rata-rata Rp 1,05 juta per ton,” kata Hartono kepada Kontan.co.id, Minggu (22/7).

Hartono menambahkan, anjloknya harga garam di tingkat petani saat ini diindikasi adanya stok garam yang berlebih. Namun, Hartono pun berpendapat kualitas garam rakyat perlu ditingkatkan.

Sebelumnya, PT Garam menargetkan akan menyerap 75.000 ton garam dari petani dengan memaksimalkan dana yang ada. Untuk penyerapan tahun ini PT Garam juga siap membeli garam dengan harga yang baik di tingkat petani dan berharap petani turut memproduksi garam dengan kualitas yang baik pula.

Selain menetapkan HET, Hartono pun mengatakan supaya harga garam tetap stabil, dibutuhkan lembaga seperti Bulog yang didukung oleh pemerintah sehingga harga garam lokal tidak dipermainkan

Sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

Menteri Erick Thohir Belum Bersedia Ungkap Nama Calon Dirut BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah menyerahkan nama-nama calon direksi untuk tiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *