Home / Berita / Gerakan Rehabilitasi Lahan di Blok Cibitung Afdeling Puncak Gedeh Kebun Kertamanah, Kabupaten Bandung

Gerakan Rehabilitasi Lahan di Blok Cibitung Afdeling Puncak Gedeh Kebun Kertamanah, Kabupaten Bandung

Gerakan Rehabilitasi Lahan di Blok Cibitung Afdeling Puncak Gedeh Kebun Kertamanah, Kecamatan Pangalengan – Kabupaten Bandung merupakan Program penghijauan kembali lahan kritis oleh PTPN VIII bersama masyarakat.

Banjir yang terjadi di sebabkan alih fungsi komoditas oleh oknum petani di lahan PTPN VIII dan berdampak buruk bagi masyarakat, karyawan disekitar Kebun Kertamanah.

Blok cibitung dahulu ditanami dengan tanaman kina, Teh dan kekayuan dimana komoditas tersebut dapat menahan erosi ketika hujan.

Kini Blok tersebut sudah di alihfungsikan oleh oknum menjadi tanaman hortikultur (kentang).

Gerakan penanaman yg dilaksanakan oleh PTPN VIII tersebut sejalan dengan Perpres 15 tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum, acar tersebut dihadiri oleh Muspika Kec pangalengan, perwakilan DLH Kab. Bdg, Dansektor I, GM star energy, manajemen PTPN VIII serta Serikat Pekerja Perkebunan dan penggiat lingkungan yg tergabung ke dalam beberapa organisasi kemasyarakatan.

Harapan dilaksanakannya kegiatan tersebut selain menjalankan mandatory perundang-undangan namun juga menyelamatkan alam untuk mengembalikan fungsi konservasinya sehingga dapat terhindar dari bencana yg tidak di inginkan seperti banjir bandang yg terjadi pada tgl 1 Maret 2019.

Cintailah alam dan alam akan melindungi kita

Sumber PTPN VIII, edit koranbumn

Check Also

Penataan Aset Negara, Jasa Tirta II Berharap Dapat Tingkatkan Pendapatan

Perum Jasa Tirta II merampungkan pembangunan hotel dan pusat pendidikan di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *