Home / Berita / Inalum Klaim Sudah Hitung Valuasi 20 persen Saham Vale Indonesia

Inalum Klaim Sudah Hitung Valuasi 20 persen Saham Vale Indonesia

PT Inalum (Persero) menyatakan sudah menghitung valuasi 20 persen saham PT Vale Indonesia Tbk. yang akan memasuki masa kewajiban divestasi mulai Oktober mendatang.

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin mengatakan penghitungan valuasi tersebut sudah sesuai dengan mekanisme dan menyesuaikan kondisi pasar. Namun, dia mengaku belum bisa mengungkapkan nilainya

Dia menegaskan Inalum siap untuk membeli saham divestasi Vale apabila ditugaskan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian ESDM. Menurutnya, Vale memiliki cadangan nikel yang paling besar dan bagus di Indonesia.

“Kalau kami nanti disuruh sudah sangat siap. Pimpinannya kan Pak Jonan,” katanya di sela-sela Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Kementerian ESDM, Indonesian Mining Association (IMA), Inalum, dan Komisi VII DPR RI.

Budi mengatakan meski memiliki pendanaan yang cukup untuk membeli saham Vale, perseroan bisa saja mencari pinjaman. Namun, keputusan tersebut belum bisa ditentukan karena belum ada penugasan dari Kementerian ESDM.

Selain itu, Inalum juga belum bisa memastikan divestasi akan dilakukan pihaknya langsung sebagai pimpinan holding industri pertambangan atau ditugaskan ke PT Antam Tbk.

“Konfigurasinya bisa macam-macam, kita menunggu arahan ESDM,” katanya.

Berdasarkan catatan Bisnis, selain Vale yang memiliki kewajiban divestasi,ada empat perusahaan lain yang juga memiliki kewajiban serupa pada tahun ini, yakni PT Natarang Mining dengan komoditas emas dengan kewajiban divestasi 20%,  PT Ensbury Kalteng Mining (emas) 20%, PT Kasongan Bumi Kencana (emas) 12%, dan PT Galuh Cempaka (intan) 17%.

Hanya Natarang dan Vale yang telah menawarkan sahamnya ke pemerintah, sementara tiga perusahaan lainnya belum.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Implementasi Transformasi Digital, Angkasa Pura II Percepat Peningkatan Standar Operasional dan Pelayanan Bandara

PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim telah menjalankan transformasi digital selama tiga tahun terakhir guna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *