Home / Berita / Inflasi Januari 2019 Terendah Dalam Tiga Tahun Terakhir

Inflasi Januari 2019 Terendah Dalam Tiga Tahun Terakhir

Tingkat inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Indonesia pada bulan Januari 2019 mencapai 0,32% (mom), realisasi ini lebih rendah dibandingkan pada bulan Desember 2018 yaitu 0,62%.

Menurut Badan Pusat Statistik, angka ini menunjukkan perbaikan, karena diprediksi sebelumnya pada minggu ketiga Januari 2019 bahwa inflasi pada bulan Januari 2019 akan mencapai 0,49% (mom). 

Tingkat inflasi tahun ke tahun mencapai 2,82% (yoy) di bulan Januari 2019.

Angka inflasi tahunan ini merupakan hasil dari kenaikan harga makanan olahan, minuman dan tembakau, serta pengeluaran pakaian yang menanjak berturut-turut mencapai 3,75%  (yoy) dan 3,55 (yoy).

Menariknya, pengeluaran kelompok sektor jasa transportasi, komunikasi dan keuangan menunjukkan angka deflasi yaitu 0,16% (mom) dengan andil deflasi sebesar 0,04%.

Hal ini dikarenakan harga bensin yang mengalami penurunan dan tarif kereta api yang juga turun. Harga tiket pesawat juga menunjukkan deflasi karena musim liburan akhir tahun telah berakhir.

Pemerintah dan Bank Indonesia telah menyepakati langkah strategis dalam menjaga inflasi IHK 3,5% plus minus 1%.

Dalam menjaga kestabilan tingkat inflasi, pemerintah memperkuat pelaksanaan Peta Jalan Pengendalian Inflasi Nasional 2019-2021 dengan menempuh pelaksanaan Peta Jalan Pengendalian Inflasi di tingkat provinsi dengan memperkuat kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah. (aa)

Sumber Bank Mandiri, edit koranbumn

Check Also

Revisi UU Ketenagakerjaan Masuk Rencana Penyusunan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

Omnibus law UU Cipta Lapangan Kerja disebut bakal turut merevisi UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *