Home / Berita / Info Produk BUMN Balai Pustaka : BUKU LAYAR TERKEMBANG

Info Produk BUMN Balai Pustaka : BUKU LAYAR TERKEMBANG

Disampaikan sinopsis hari ini berjudul “Layar Terkembang” karya Sutan Takdir Alisjahbana

Layar Terkembang disebut-sebut sebagai novel pembuka periode Pujangga Baru. Balai Pustaka menerbitkan novel karya Sutan Takdir Alisjahbana ini pertama kali tahun 1936. Tidak seperti novel-novel pendahulunya yang banyak mengambil latar tempat di Minangkabau, Layar Terkembang mengambil latar di pusat kota yang pada masa itu bernama Batavia, lengkap dengan nama-nama jalan atau gang berbahasa Belanda, seperti Berendrechtslaan, Molenvliet West, Harmonie, dsb.

Novel ini berkisah tentang Tuti, putri sulung Raden Wiriatmadja. Seorang gadis pendiam yang berpendirian teguh itu aktif dalam berbagai kegiatan organisasi. Tuti mengajar di HIS Arjuna yang berlokasi di Petojo. Ia memiliki seorang adik bernama Maria yang lincah dan periang. Maria masih duduk sebagai murid HBS Carpentier Alting Stichting. Kedua kakak beradik itu bagai langit dengan bumi.

Kehadiran Maria yang sangat bertentangan tentu mempertegas karakter Tuti. Melalui pertentangan ini, Sutan Takdir Alisjahbana seolah hendak menyuguhkan dua model wanita, Tuti yang mewakili model wanita masa kini dan yang akan datang, sedangkan Maria yang mewakili model wanita di masa lalu.

Ketika Yusuf pergi kuliah, secara kebetulan ia bertemu kembali dengan Tuti dan Maria di depan Hotel Des Indes. Dengan senang hati, Yusuf mengantar kedua kakak beradik itu jalan-jalan. Sejak pertemuan kedua itu, Yusuf main sering bersua dengan Maria. Hubungan mereka kian karib. Sementara itu, Tuti terus disibuki berbagai kegiatan. Pada Kongres Putri Sedar, Tuti berpidato mengenai emansipasi. Ia mengemukakan pikiran-pikirannya demi memajukan kaum wanita.

Hubungan Maria dan Yusuf makin mendalam, ketika tiba-tiba Maria diketahui mengidap penyakit serius. Bagaimana perasaan Yusuf mengetahui keadaan tunangannya? Bagaimana Tuti menghadapi peristiwa-peristiwa tak terduga dalam hidupnya? Dan bagaimana akhirnya hubungan ketiganya?

Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;
1. Bapak Juan >>> 08122351895
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka

Sumber InBalaipustaka

Check Also

PP Presisi Perkirakan Hanya Bisa Belanjakan Modal Sebesar 70 Persen dari yang Dianggarkan

PT PP Presisi Tbk. konservatif dalam menggunakan dana belanja modal atau capital expenditure. Dari dana yang disiapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *