Home / Berita / INUKI Menjadi Satu-satunya Produsen Radioisotop dan Radiofarmaka

INUKI Menjadi Satu-satunya Produsen Radioisotop dan Radiofarmaka

PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) atau PT INUKI (Persero) adalah satu-satunya BUMN yang ada di Indonesia yang memproduksi Radioisotop dan Radiofarmaka. Oleh karena itu MENJADI PRODUSEN RADIOISOTOP DAN RADIOFARMAKA REGIONAL DAN INTERNASIONALmerupakan salah satu visi terbesar PT INUKI (PERSERO).

Radioisotop adalah salah satu produk yang di ekspor keluar negeri karena produk ini adalah bahan baku yang digunakan dalam pembuatan radiofarmaka. Produk ini sudah di ekspor ke beberapa Negara antara lain Vietnam, Bangladesh, Thailand, Malaysia, China, Jepang dan beberapa Negara lain.

Menurut hasil analisa yang dilakukan oleh pihak Jepang, produk yang dihasilkan oleh PT INUKI (Persero) memiliki kualitas dan kemurnian yang lebih baik dari produk dari beberapa Negara produsen Radioisotop lainnya. Hal ini lah yang membuat  PT INUKI (Persero) menjadi salah satu produsen yang diperhitungkan di Asia maupun di dunia.

Sedangkan Radifarmaka adalah produk yang dapat langsung ini digunakan dalam radioterapi dan radiodiagnostik. Sejak tahun 1996 PT INUKI (Persero) yang dahulu dikenal dengan nama PT Batan Teknologi (Persero) sudah mensupply ke 14 rumah sakit di Indonesia antara lain Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung (RSHS), Rumah Sakit Adam Malik Medan, MRCCC Siloam, Rumah Sakit Abdi Waluyo, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Harapan Kita Rumah Sakit Kanker Dharmais, Rumah Sakit Dr Sardjito Jogjakarta, Rumah Sakit Soetomo Surabaya, Rumah Sakit Kariadi Semarang, RS An-Nur Jogja dan RS Ulin Banjarmasin.

Sumber INUKI/ kementerianbumn, edit koranbumn

Check Also

Pertamina Siaga Selalu Siap Memenuhi Kebutuhan BBM Pemudik di Ruas Tol Trans Sumatera

Lebaran sangat identik dengan budaya mudik atau pulang kampung bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bagi yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *