Home / Berita / Jaga Budaya dan Kearifan Lokal, Kampung Lawas Maspati Jadi Binaan Pelindo III 

Jaga Budaya dan Kearifan Lokal, Kampung Lawas Maspati Jadi Binaan Pelindo III 

Kampung Lawas Maspati binaan Pelindo III ini berada di jantung Kota  Surabaya, tak jauh dari Monumen Tugu Pahlawan. Kampung  ini dikelilingi bangunan modern namun budaya, Kearifan lokal dan tradisi-tradisi kampung, tetap terjaga. Bangunan dan barang peninggalan Kerajaan Mataram dan era kolonial masih ada hingga saat ini. .

Pelindo III turut aktif mempromosikan wisata ke kampung ini pada para turis Cruise Internasional yang sandar di Pelabuhan Perak. Sehingga para penumpang kapal pesiar mau untuk berkunjung ke sana.

Selain itu agar berkelanjutan, warga diberikan pelatihan tentang pengelolaan wisata lokal dan suntikan modal untuk warga yang menjadi UKM mitra binaan Pelindo III. Sejumlah produk unggulannya yaitu sirup buah markisa, minuman tradisional cincau, dan aneka kerajinan tangan, souvenir, hingga pakaian. Dengan membuat warga menjadi mandiri secara ekonomi, maka kelestarian bangunan bersejarah dan situs kuno yang bernilai wisata bisa terjaga.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung berpesan agar Pelindo III selalu menjalin komunikasi yang solid dan produktif dengan pemerintah kota atau kabupaten setempat di pelabuhan berada. Agar peran pelabuhan sebagai fungsi integrator ekonomi dan sosial bisa berjalan tepat sasaran linear dengan rencana pemerintah.

Sumber Pelindo III, edit koranbumn

Check Also

ECCT, Proyek Peningkatan Kapasitas Sisi Udara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal, PT  Angkasa Pura 2  tengah membangun beberapa proyek peningkatan kapasitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *