Home / Berita / Jasa Marga Gelar Seminar Kesehatan “Kondisi Kesehatan yang Dapat Menyebabkan Dispepsia”

Jasa Marga Gelar Seminar Kesehatan “Kondisi Kesehatan yang Dapat Menyebabkan Dispepsia”

PT Jasa Marga Tbk. menggelar Seminar Kesehatan dengan tema “Kondisi Kesehatan yang Dapat Menyebabkan Dispepsia” di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Rabu (20/3). Dispepsia merupakan penyakit yang kerap diderita oleh karyawan. Penyebab penyakit ini beragam, termasuk stres.
Seminar kali ini diisi oleh Dr. Endemina Theresia Z, Sp.PD, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam dari RS Harapan Bunda Jakarta. Dispepsia adalah sekumpulan gejala berupa nyeri atau perasaan tidak enak pada perut bagian atas.
“Maag itu istilah awam. Dalam ilmu kedokteran disebut dispepsia,” kata Dr. Endemina mengawali pemaparannya.
Menurut Dr. Endemina, berbagai gejala gangguan pencernaan ini antara lain muntah-muntah hebat, demam, muntah darah, buang air besar berwarna hitam, anemia, penurunan berat badan, dan berkeringat dingin.
“Penyebabnya bisa karena obat-obatan, seperti obat anti-inflamasi non steroid (OAINS) dan antibiotik, misalnya makrolides dan metronidazole,” ujar Dr. Endemina dalam paparannya.
Dr. Endemina melanjutkan, ada berbagai cara pengobatan dispepsia yang terbagi atas dua bagian, yakni terapi farmakologi dan terapi non farmakologi. Terapi farmakologi bisa berupa obat resep dan non resep, yakni terapi adjuvant.
“Untuk terapi non farmakologi, misalnya, modifikasi gaya hidup, menghindari stres, berhenti merokok atau mengonsumsi alkohol serta kafein,” sambungnya.
Dr. Endemina juga menyampaikan bahan makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita dispepsia antara lain beras ketan, jagung, ubi, talas, singkong, daun singkong, santan kental, kol, sawi, nanas, durian, kopi, cabai, merica, dan minuman bersoda.
Selain paparan dari Dr. Endemina, Seminar Kesehatan yang dihadiri oleh sekitar 250 peserta ini juga disertai dengan sesi tanya-jawab.
Tak lupa Dr. Endemina memberikan sejumlah tips untuk mencegah gangguan pencernaan antara lain membiasakan makan teratur, jangan makan terlalu banyak, menghindari waktu makan yang terlalu berdekatan agar proses mencerna tidak terganggu (interval 2-3 jam), meningkatkan konsumsi makanan sumber serat, jangan makan terlalu banyak, dan jangan mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin.
Kegiatan seminar ini ditutup dengan pembagian door prize kepada para peserta yang hadir.
Sumber Jasa Marga, edit koranbumn

Check Also

Menteri Rini M Soemarno Apresiasi Perkembangan Proyek yang Dikerjakan Krakatau Steel

Kunjungan Menteri BUMN Rini M. Soemarno kemarin masih membekas kepada insan Krakatau Steel. Menteri Rini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *