Home / Berita / Jembatan Emas, Jembatan Angkat Provinsi Bangka Belitung

Jembatan Emas, Jembatan Angkat Provinsi Bangka Belitung

Membahas tentang jembatan angkat atau ‘bascule bridge’ tentunya bukan menjadi hal yang asing lagi. Namun di Indonesia, ini menjadi hal yang menarik apalagi setelah aktivitas pengangkatan jembatan Ampera sudah tidak diaktifkan lagi.

Provinsi Bangka Belitung sejak tahun 2017 resmi memiliki jembatan angkat yang bernama Jembatan Emas (Batu Rusa II). Jembatan sepanjang 700 meter yang menghubungkan Kota Pangkal Pinang dan Kabupaten Bangka ini dibangun untuk memperpendek jarak tempuh dari kedua daerah tersebut. Selain itu juga, untuk mendukung program pariwisata pemerintah daerahnya.

Jembatan Emas dibangun dengan kontruksi cable-stayed dan sistem bascule atau jungkit pada bentang tengahnya. Sistem bascule digunakan untuk mendukung lalu lintas kapal di Sungai Batu Rusa menuju Pelabuhan Pangkal Balam. Dengan sistem cable-stayed, jembatan itu mampu menjadi pengaman bagi kapal-kapal yang masuk tanpa izin. Ketika jembatan tertutup tinggi bebasnya 15 meter dari muka air, ketika terbuka tingginya menjadi tidak terbatas. Sedangkan untuk lebar maksimal, jalur pelayarannya memiliki lebar sekitar 60 meter. Jembatan ini bisa beroperasi dengan tiga sistem yaitu otomatis, semi otomatis dan manual.

Sumber Adhi, edit koranbumn

Check Also

Sejarah Ringkas Permodalan Nasional Madani (PNM)

Perjalanan sejarah perkembangan ekonomi di Indonesia, termasuk terjadinya krisis ekonomi pada tahun 1997, telah membangkitkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *