Home / Berita / KAI Lakukan Uji Coba Jalur Kereta Api Cianjur-Ciranjang

KAI Lakukan Uji Coba Jalur Kereta Api Cianjur-Ciranjang

PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini tengah menguji coba jalur kereta Cianjur-Ciranjang. “Sedang diuji coba hari ini dari Cianjur sampai Ciranjang. Besok kita coba dengan rangkaiannya,” kata Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 2 Bandung, Saridal di Bandung, Senin, 22 Juli 2019.

Saridal mengatakan, rute kereta tersebut merupakan jalur lama yang direhabilitasi lagi.  Hari ini, Senin, 22 Juli 2019, PT KAI menguji lintasan jalur tersebut dengan menggunakan lokomotif. Besok, Selasa, 23 Juli 2019, uji coba jalur kereta sepanjang 15 kilometer tersebut akan dilanjutkan dengan menggunakan rangkaian kereta. “Hari ini dengan lokomotif dulu,” kata dia.

Menurut Saridal, jalur kereta Cianjur-Ciranjang tersebut merupakan jalur yang sudah lama tidak difungsikan lagi. “Rel yang lama kita ganti dengan rel baru, terus ada perbaikan konstruksinya,” kata dia.

PT KAI, tutur Saridal, saat ini sudah mengoperasikan Kereta Siliwangi untuk melayani rute Sukabumi-Cianjur. Rencananya, layanan kereta tersebut akan diperpanjang hingga Ciranjang. “Kita uji coba dulu, laik atau tidak,” kata dia.

Rencana menghidupkan lagi jalur kereta Cianjur-Ciranjang merupakan bagian dari rencana PT KAI untuk membuka jalur kereta dari Sukabumi-Cianjur-Ciranjang yang akan diteruskan dengan membangun rel baru dari Ciranjang menuju Paalarang. “Nantinya sampai Padalarang nyambung ke Bandung,” kata Saridal.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi II Bandung Noxy Citrea Bridara menambahkan, layanan Kereta Siliwangi Sukabumi-Cianjur rencananya akan diperpanjang hingga Ciranjang jika jalur Cianjur-Ciranjang sudah tuntas pengujiannya. “Pengoperasian masih belum fix, masih uji coba,” kata dia

Sumber Tempo, edit koranbumn

Check Also

Proyek NINDYA, Pembangunan Airport Learning Center Diresmikan

Gedung Airport Learning Center Angkasa Pura II yang di bangun NINDYA telah diresmikan ditandai dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *