Home / Berita / KBN Menang di PT DKI Jakarta Mengenai Obyek Sengketa yaitu Perjanjian Konsesi Selama 70 tahun

KBN Menang di PT DKI Jakarta Mengenai Obyek Sengketa yaitu Perjanjian Konsesi Selama 70 tahun

KBN berhasil memenangkan gugatan di tingkat banding. Setelah menang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Agustus 2018, KBN juga menang di PT DKI Jakarta. Putusan PT DKI diumumkan pada 11 Januari 2019.

Perkara gugatan KBN terhadap KCN, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) V Marunda, dan PT Karya Teknik Utama (KTU). Objek Gugatan adalah Perjanjian Konsesi Selama 70 Tahun antara KCN dan KSOP V Marunda terhadap aset KBN di Pelabuhan Marunda.

Hakim menyatakan obyek sengketa yaitu perjanjian konsesi selama 70 tahun antara PT KCN dan KSOP V Marunda terhadap aset KBN merupakan perbuatan melawan hukum, cacat hukum, tidak mengikat dan tidak sah, serta batal demi hukum.

Hakim membatalkan konsensi itu karena menilai bahwa wilayah usaha Pier I, Pier II, Pier III dan bibir pantai sepanjang kurang lebih 1.700 meter merupakan milik sah KBN.

PN Jakarta Utara juga menghukum tergugat I (KCN) dan tergugat II (KSOP V Marunda) untuk bertanggung jawab secara tanggung renteng membayar kerugian kepada KBN secara materiil sebesar Rp773 miliar lebih.

Pengadilan juga memerintahkan tergugat I dan II untuk tidak melakukan pembangunan, pemanfaatan, maupun aktivitas apapun di wilayah usaha KBN yang meliputi bibir pantai sepanjang sekitar 1.700 meter mulai dari Cakung Draine sampai Kali Blecong, Pier I, Pier II, dan Pier III, hingga perkara ini memperoleh putusan yang berkekuatan hukum tetap.

Sumber KBN, edit koranbumn

Check Also

Dirut Definitif, BTN Diumumkan Akhir Bulan Ini dan Bank Mandiri Awal Bulan Depan

Calon nakhoda PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *