Home / Berita / Kejar Target Rasio Elektrifikasi 99 persen, 1,2 juta Jiwa Masyarakat Miskin Harus Disambungi Listrik Gratis

Kejar Target Rasio Elektrifikasi 99 persen, 1,2 juta Jiwa Masyarakat Miskin Harus Disambungi Listrik Gratis

PT Perusahaan Listrik Negara atau (Persero) mencatat bahwa untuk mengejar target pemerataan kelistrikan (rasio) elektrifikasi sebanyak 99 persen pada tahun ini, maka 1,2 juta jiwa masyarakat miskin harus disambungi listrik gratis.

“Jadi gini, itu seluruh Indonesia total penduduk miskinnya 1,5 juta jiwa, kita catat ada 1,2 juta yang perlu dibantu tahun ini, supaya 99,9 persen, perlu dibantu 1,2 juta,” kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur PLN, Djoko Abumanan, di Jakarta, Jumat (22/3).

Menurut Djoko, karena keterbatasan keuangan, bantuan sambungan listrik gratis tidak hanya didanai oleh PLN saja. Sebab itu, akan dicari sumber pendanaan lain di antaranya program tanggung jawab sosial perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi.

“Sekarang kita lagi cari duit. Jadi yang diminta 3, BUMN, ESDM, Pemprov,” tuturnya.

Djoko mengungkapkan, mitra perusahaan swasta yang menjadi mitra Kementerian ESDM juga akan diajak untuk berpartisipasi, memberikan penyambungan listrik gratis ke rumah tangga miskin. Sehingga pencapaian target tahun ini rasio elektrifikasi 99 persen berhasil.

“ESDM mengajak kepada 135 badan usaha yuk bantu nih, kalian sudah usaha di Indonesia bantu saudara-saudara yang belum dapat listrik,” tandasnya.

Sumber Merdeka,Liputan 6, edit koranbumn

Check Also

DAHANA Selenggarakan Program Bina Lingkungan Pengobatan Gratis untuk 1.000 Warga

Untuk membuktikan kepedulian terhadap masyarakat, sekaligus wujud BUMN Hadir untuk Negeri, PT DAHANA (Persero) melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *