Home / Berita / Kopi Jenis Java Maragogype, Hasil dari kebun PTPN XII

Kopi Jenis Java Maragogype, Hasil dari kebun PTPN XII

Kopi Maragogype pertama kali ditemukan oleh Crisogono Jose Fernandes pada tahun 1870, di Brazil, negara bagian Bahia, di suatu tempat yang bernama Maragogype. Dari tempat ini selanjutnya kopi Maragogype menyebar ke berbagai daerah penghasil kopi di dunia, termasuk Indonesia.

Varietas ini pertama kali diintroduksikan ke Indonesia pada tahun 1881 dan ditanam di Kebun Raya Bogor. Dari Kebun Raya inilah selanjutnya varietas Maragogype menyebar ke berbagai perkebunan kopi di Indonesia. Maragogype Coffee berasal dari biji kopi Arabika yang memiliki ukuran bentuk lebih besar dibandingkan kopi Arabica pada umumnya, kopi ini lebih dikenal dengan nama kopi gajah.

Kopi jenis Java Maragogype ini tumbuh di daerah pegunungan Ijen Jawa Timur dengan ketinggian 1000-1500 m.

Hasil dari kebun PT Perkebunan Nusantara XII, kopi ini termasuk jenis kopi yang hasil panennya tiap tahun tidak banyak sekitar 500kg/tahun Kopi ini memiliki cita rasa acidity yang tinggi, dan juga aroma yang kuat dibandingkan jenis kopi lainnya.

Sumber PTPN XII, edit koranbumn

.

Check Also

PP Presisi Perkirakan Hanya Bisa Belanjakan Modal Sebesar 70 Persen dari yang Dianggarkan

PT PP Presisi Tbk. konservatif dalam menggunakan dana belanja modal atau capital expenditure. Dari dana yang disiapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *