Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Bekisting Balok dan Plat.

Literasi Adhi Karya : Bekisting Balok dan Plat.

Literasi ADHI akan melanjutkan tentang bekisting balok dan plat.

Pekerjaan balok dan plat lantai termasuk dalam pekerjaan struktur atas, yaitu bagian struktur yang berfungsi menerima berbagai macam beban seperti beban mati, beban hidup, beban sendiri dan beban lain yang direncanakan. Pekerjaan balok dan plat lantai diawali dengan melakukan pengukuran di lapangan.

Hal ini bersamaan dengan persiapan bekisting, persiapan tulangan, juga dilakukan pabrikasi. Apabila pengukuran telah sesuai, maka selanjutnya adalah pemasangan bekisting yang telah disesuaikan. Lalu dilanjutkan dengan pemasangan besi tulangan. Kemudian apabila pembesian telah sesuai maka dilakukan pembersihan. Setelah bersih barulah masuk ke dalam tahap pengecoran. Umumnya jika telah melewati semua tahap tersebut maka dilakukan pekerjaan curing dan tahap terakhir adalah pembongkaran bekisting.

Pekerjaan plat sendiri adalah pekerjaan beton bertulang yang memilki bidang arah horizontal dengan beban yang bekerja tegak lurus pada struktur. Sedangkan plat lantai merupakan lantai yang tidak terletak di atas tanah langsung. Lantai ini merupakan tingkat pembatas antara tingkat yang satu dengan yang lainnya.

Dalam pembangunan pekerjaan bekisting balok dan plat Royal Sentul Park menggunakan vertical support yang berfungsi sebagai tiang penyangga. Vertical support merupakan material penting pada bekisting sistem. Fungsi dari vertical support adalah menopang beban bekisting dan beton.

Sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

Holding Pelindo Jadi Solusi Tingkatkan Standarisasi Pelabuhan RI

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, Elvyn G Masassya menyebutkan saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *