Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Daur Ulang Limbah Beton

Literasi Adhi Karya : Daur Ulang Limbah Beton

Pernah melihat sisa atau limbah beton, dibiarkan menumpuk begitu saja atau dibuang ke suatu tempat.  Dalam dunia konstruksi juga ada yang namanya sistem daur ulang. Dau ulang, salah satunya daur ulang limbah beton merupakan bagian dari strategi untuk menghemat bahan bangunan dan melestarikan lingkungan.

Beton daur ulang adalah campuran dari material sejenis yang digunakan pada proses pencampuran sebelumnya. Proses daur ulang ini menghasilkan agregat halus (pasir atau partikel) berukuran kurang dari 5mm dan agregat kasar (kerikil atau batu pecah) berukuran lebih dari 5mm. Akan tetapi, beton daur ulang tidak memiliki kualitas dan sifat kimia yang sama dengan beton baru. Secara fisik beton, daur ulang berpotensi retak akibat tumbukan berkali-kali oleh mesin penghancur. Meskipun begitu, campuran beton daur ulang dengan presentase tertentu dapat membuat beton daur ulang menjadi sama kualitas, fungsi dan sifatnya dengan beton baru.

Adapun beberapa contoh pemanfaatan beton daur ulang, diantaranya dibentuk sebagai batu buatan seperti paving blok, sebagai elemen taman, dipasang di dasar laut sebagai habitat terumbu karang, bahkan untuk rehabilitasi jalan rusak.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Kemenhub Serahkan Pengelolaan dan Operasional Tiga Bandara ke BUMN

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan pengelolaan tiga bandara kepada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ketiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *