Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara

Literasi Adhi Karya : Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara

Indonesia memiliki jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara, namanya Jembatan Gantung Situ Gunung, yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGG).

Jembatan yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat ini memiliki panjang 240 meter dan lebar 2 meter. Jembatan yang berada di atas tajuk pepohonan ini tergantung di atas ketinggian permukaan tanah sekitar 146 meter.

Jembatan Gantung Situ Gunung menggunakan 5 sling. Sling merupakan alat bantu angkat khususnya barang yang besar dan berat di berbagai industri dan pembangunan konstruksi.

Pada umumnya jembatan gantung hanya menggunakan 3 sling, namun berbeda dengan jembatan Situ Gunung yang menggabungkan suspension bridge dengan suspender. Suspension bridge untuk kekuatan bagian atas dan suspender bagian bawah. Menariknya, jembatan ini menggunakan bahan dasar berbahan kayu ulin. Sebagai informasi, ulin atau kayu besi merupakan pohon khas dari daerah Kalimantan. Keistimewaan dari kayu ini adalah kayunya mampu melebar dengan diameter yang besar, juga memiliki sifat yang keras dan tidak mudah dimakan rayap.

Sumber Adhi,edit koranbumn

Check Also

Erick Thohir Menteri BUMN, Pengganti Rini Soemarno

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu pagi ini (23/10/2019) memperkenalkan menteri-menteri yang mengisi kabinet 2019-2024 dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *