Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Material Sandwich Panel

Literasi Adhi Karya : Material Sandwich Panel

Literasi ADHI membahas tentang material Sandwich Panel. Kini, ADHI akan membahas tentang material dinding lainnya yaitu Aluminium Composit Panel.

Sandwich Panel merupakan material dari 2 lapisan pelat zincalume yang merekat pada kedua sisi lapisan insulasi. Berdasarkan jenis lapisan insulasinya, pelat zincalume dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah EPS Panel (bahan insulasi Expanded Polystyrene), PUR Panel (bahan insulasi Polyurethane) dan Glasswool Panel (bahan insulasi Glasswool).

Sandwich Panel memiliki bahan yang ringan dan dikenal cepat dalam proses pemasangannya, sehingga mempercepat waktu pengerjaan proyek. Sebagai bahan partisi dinding dan plafon, keunggulan dari Sandwich Panel adalah hemat energi, peredam panas dan peredam suara, siap pasang, bersih, bisa dibuat sesuai rancangan, ringan dan tahan lama, dan ramah lingkungan.

Sedangkan, Aluminium Composit Panel merupakan salah satu jenis material penutup dinding, plafon dan facade, terdiri dari material core dilapisi aluminium pada kedua sisi dan ditekan menjadi satu kesatuan. Materialnya perpaduan antara aluminium dan bahan composite.

Umumnya, lembar aluminium dilapisi dengan cat PVDF (Poly Vinyl De Floride) dan PE (Polyester). Sebagai bahan pelapis dinding dari suatu bangunan. Keunggulan dari material ini adalah tahan cuaca, tahan api dan mudah dalam pemeliharaannya.

Sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

BRI Syariah Bagikan Bantuan Pendidikan dan Simpanan Pelajar Bagi Yatim Dhuafa

BRI Syariah memberikan bantuan pendidikan dan simpanan pelajar dalam acara Fin Expo 2019. Fin Expo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *