Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Pembangunan Gedung Tertinggi di Dunia

Literasi Adhi Karya : Pembangunan Gedung Tertinggi di Dunia

Pembangunan gedung pencakar langit pertama di dunia telah dilakukan sejak abad ke-19, tepatnya di tahun 1908, yakni Pembangunan Gedung Singer, setinggi 187 meter di New York. Sejak saat itu, perkembangan pembangunan gedung pencakar langit masih terus dilakukan. Bahkan saat ini, di Arab Saudi sedang membangun gedung tertinggi di dunia yang mencapai 1.000 meter atau setara dengan 3.281 kaki.

Disinyalir menjadi calon gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Jeddah Tower atau Menara Jeddah akan mengalahkan Gedung Burj Khalifa di Dubai. Menara Jeddah terletak di Jeddah, Arab Saudi. Menara Jeddah dengan tinggi 1 km atau 1.000 meter telah mengalahkan Burj Khalifa yang menjadi gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 828 meter. Awalnya, Menara Jeddah direncanakan dibangun dengan ketinggian 1.6 km, namun karena geologi yang tidak mendukung dengan ketinggian tersebut, maka pembangunan ditetapkan menjadi 1 km. Lalu, bagaimana dengan konstruksinya?

Menara Jeddah dibangun dengan pondasi gedung yang ditanam di kedalaman lebih dari 70 meter, sehingga dipastikan mampu menahan air laut yang masuk ke dalam tanah, tempat pondasi berada. Konstruksi Menara Jeddah diperkirakan membutuhkan 80.000 ton baja dan 1 juta meter kubik beton. Nah, menara ini akan memiliki 200 lantai dengan 59 elevator, 54 singel deck dan 5 double deck elevator. Sebagai informasi, Menara Jeddah dirancang oleh arsitek berkebangsaan Amerika Serikat, Adrian Smith yang juga mendesain Burj Khalifa.

Sumber Adhikarya, edit koranbumn

Check Also

Dukung Industri Smelter di Sulawesi, PLN Siapkan Investasi Rp137 Triliun

PT PLN (Persero) menyiapkan investasi sekitar Rp137 triliun untuk mengembangkan pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *