Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Proses Stressing Girder

Literasi Adhi Karya : Proses Stressing Girder

Stressing girder dilakukan pada saat pemasangan girder pada struktur jembatan, jalan atau rel. Stressing merupakan pemberian tegangan pada balok girder.

Seperti apakah proses stressing, sebelum melakukan stressing, masing-masing segmen girder diletakkan sementara. Setelah itu, segmen balok girder dibuat sejajar dan pada bagian ujung pertemuan diberikan pelumas agar balok dapat bergerak mengimbangi gaya pra-tekan.

Pada pelaksanaannya, stressing terdiri dari beberapa tahap pekerjaan. Seperti pemasangan kepala angkur, pemasangan dongkar (stressing jack), penarikan, penguncian baji (wedges) dan pelepasan dongkrak. Sebelum melakukan proses tersebut, kawat untaian (strand) diberi lakban terlebih dahulu kemudian dimasukan ke dalam tendon. Lalu, untuk pemasangan kepala angkur dilakukan dengan cara memasukan ujung stressing length ke lubang kepala angkur. Setelah itu, didorong ke arah casting dan baji (wedges) dipasang sesuai dengan jumlah strand yang ada. Lalu, pemasangan dongkar dengan kawat untaian dimasukan pada alat jacking (stressing jack) yang telah dirapatkan ke arah casting, sampai posisi casting dan kepala angkur rapat. Kemudian, kawat untaian dikunci dengan baji (wedges) pada ujung stressing jack.

Setelah melewati proses di atas, melakukan penarikan kawat untaian dengan dongkrak hidrolik secara dua arah dan penarikan ini umumnya digerakkan dengan tenaga listrik. Tahukah Sobat, selama proses stressing dilakukan, segala pekerjaannya harus dicatat dengan pembacaan manometer. Setelah itu, dilakukan penguncian baji ketika tekanan yang diperlukan sudah tercapai. Pada tahap akhir, sisa kawat untaian (strand) dari kepala angkur dipotong dan ditutup dengan adukan semen untuk proses selanjutnya yaitu pekerjaan grouting.

Sumber Adhi, edit koranbumn

Check Also

BRI Syariah Bagikan Bantuan Pendidikan dan Simpanan Pelajar Bagi Yatim Dhuafa

BRI Syariah memberikan bantuan pendidikan dan simpanan pelajar dalam acara Fin Expo 2019. Fin Expo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *