Home / Berita / Literasi ADHI : Kendali Atas Proyek

Literasi ADHI : Kendali Atas Proyek

Salah satu tantangan dalam pekerjaan konstruksi adalah tingginya kompleksitas kerja yang berisiko terhadap proses pengelolaan proyek. Hal ini berupa banyaknya pekerjaan yang dikerjakan, berbagai pihak yang terlibat, rumitnya hubungan ketergantungan antar pekerjaan, sempitnya waktu pekerjaan dan lain sebagainya. Karenanya, diperlukan kendali atas proyek.

Pengendalian dan pengelolaan proyek dapat dilakukan dengan membuat checklist. Checklist adalah suatu daftar mencakup beberapa hal yang perlu dicek atau diperiksa untuk membantu pekerjaan yang memiliki item banyak dan rumit.

Checklist dikenal juga sebagai Work Breakdown Structure (WBS), yang berfungsi mengidentifikasi item pekerjaan di proyek, sehingga diharapkan semua pekerjaan dapat terlaksana dengan baik. Salah satu contohnya adalah checklist mutu. Checklist mutu merupakan daftar pengecekkan terhadap pekerjaan terkait dengan mutu, seperti pemeriksaan bekisting, pemadatan beton pemeriksaan slump dan lain-lain. Checklist yang baik akan membawa kesuksesan dalam suatu proyek.

Dalam pembangunan LRT Jabodebek, ADHI juga membuat checklist dalam proses pengerjaannya. Seperti di lintas pelayanan Cawang-Cibubur, terdapat pekerjaan final checklist yang dilakukan oleh OCG L1T2 sebagai konsultan pengawas. Final checklist ini tepatnya dilakukan pada titik CITM 151-153, Track 02 untuk memastikan semua telah dikerjakan dengan baik.

Sumber Adhikarya, edit koranbumn

Check Also

Dirut Definitif, BTN Diumumkan Akhir Bulan Ini dan Bank Mandiri Awal Bulan Depan

Calon nakhoda PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *