Home / Berita / Literasi Balai Pustaka : Pahlawan Muhammad Husni Thamrin

Literasi Balai Pustaka : Pahlawan Muhammad Husni Thamrin

Nama lengkapnya adalah Muhammad Husni Thamrin yang dilahirkan di wilayah Sawah besar, Batavia (sekarang Jakarta), 16 Februari 1894. Nama kecilnya adalah Matseni, ayah Husni Thamrin bernama Muhammad Tabri Thamrin dan ibunya bernama Nurkhamah.

Di usia muda, Muhammad Husni Thamrin terkenal fasih dalam berbahasa Belanda dan Inggris bekerja sebagai pegawai di perusahaan pelayaran besar bernama KPM (Koninklijke Paketvaart-Maatschappi). Muhammad Husni Thamrin memimpin organisasi kedaerahan bernama Kaoem Betawi. Tahun 1919, Muhammad Husni Thamrin menjabat sabagai anggota Gemeenteraad (Dewan Kota) Batavia.

Wujud perjuangan Muhammad Husni Thamrin adalah memperjuangkan kehidupan rakyat pribumi khususnya rakyat Betawi.

Di tahun-tahun 1930an, sikap kritis Husni Thamrin dalam Volksraad terhadap pemerintahan kolonial Belanda semakin menjadi-jadi, ia banyak mengkritik kebijakan pemerintah kolonial yang dianggapnya lebih mementingkan kepentingan golongan Eropa tanpa melihat kondisi rakyat Pribumi ketika itu.

Muhammad Husni Thamrin dianggap sebagai politisi berbahaya oleh pemerintah Belanda.
Rumah Muhammad Husni Thamrin kemudian digeledah oleh polisi rahasia Belanda dengan tuduhan sebagai anti Belanda dan pada wakti itu juga kondisi kesehatan Husni Thamrin sedang sakit demam. Setelah penggeledahan, Muhammad Husni Thamrin kemudian dijatuhi hukuman tahanan rumah oleh pemerintah Belanda pada tanggal 6 Januari 1941.

Akibatnya, sakit demam yang diderita oleh Muhammad Husni Thamrin semakin parah. Baru ditanggal 10 Januari 1941, dokter bernama J. Kayadi baru bisa memeriksa dan mencoba mengobati sakit demam yang diderita oleh Muhammad Husni Thamrin.

Tanggal 11 Januari 1941, Muhammad Husni Thamrin menghembuskan nafas terakhirnya di dalam rumahnya akibat sakit demam yang ia derita.

Kata bijak M Husni Thamrin dapat menjadi penyemangat generasi millennial agar dapat menjadi Pemimpin yang Baik di kemudian hari.

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn
.

Check Also

Proses Bisnis Jasa Raharja Andalkan Transformasi Manajemen Risiko & Teknologi Informasi

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara Jasa Raharja menyatakan bahwa selama ini mereka mengandalkan manajemen risiko …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *