Home / Berita / Literasi ITDC : Sejarah Pariwisata Indonesia

Literasi ITDC : Sejarah Pariwisata Indonesia

Literasi ITDC  memberikan informasi mengenai Sejarah Pariwisata Indonesia

Kali ini akan membahas Pariwisata Indonesia pada masa setelah Indonesia merdeka. Pada masa itu, perkembangan pariwisata di Indonesia mulai merangkak. Pada tanggal 1 Juli 1947 dibentuk organisasi perhotelan pertama di Indonesia yang disebut Badan Pusat Hotel.

Hal ini ditandai dengan Surat Keputusan Wakil Presiden (Dr. Mohamad Hatta) sebagai Ketua Panitia Pemikir siasat Ekonomi di Yogyakarta untuk mendirikan suatu badan yang mengelola hotel-hotel yang sebelumnya dikuasai pemerintah pendudukan. Badan tersebut bernama HONET (Hotel National & Tourism) dan segera mengambil alih hotel-hotel di daerah Yogyakarta, Surakarta, Madiun, Cirebon, Pekalongan, Sukabumi, Malang, Sarangan, dan semua itu diberi nama Hotel Merdeka.

Kemudian pada tahun 1949, diadakan KMB (Konferensi Meja Bundar) yang mengakibatkan HONET dibubarkan, karena isi salah satu perjanjian KMB adalah bahwa seluruh harta kekayaan milik Belanda harus dikembalikan ke pemiliknya. Selanjutnya, didirikanlah badan hukum yang dinamakan NV HONET, yang merupakan badan satu-satunya yang beraktivitas di bidang perhotelan dan pariwisata.

Ternyata peran pariwisata dalam perekonomian Indonesia sudah lama dirumuskan,bahkan segera setelah Indonesia merdeka.

Sumber ITDC, edit koranbumn

Check Also

Kementerian ESDM Bagi-bagi Pengelolaan Blok Corridor ke ConocoPhillips, Pertamina dan Repsol

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral resmi menyerahkan pengelolaan Blok Corridor ke ConocoPhillips, Pertamina dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *