Home / Berita / Literasi ITDC : Taman Nasional di Indonesia

Literasi ITDC : Taman Nasional di Indonesia

Bicara tentang pariwisata Indonesia tidak mungkin lepas dari keberadaan Taman Nasional yang memiliki beragam pesona. Saat ini terdapat 50 taman nasional di Indonesia, 6 di antaranya termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taman Nasional tertua di Indonesia adalah Taman Nasional Ujung Kulon dengan badak bercula satunya yang sangat langka, yang diresmikan sebagai Suaka Alam pada tahun 1921, pada zaman Pemerintah Hindia Belanda. Ada pula Taman Nasional Lorentz di Papua yang memiliki sekitar 42 spesies mamalia, yang sebagian besar adalah hewan langka. Mamalia yang ada di kawasan ini antara lain: kangguru pohon, landak irian, tikus air, walabi, dan kuskus.

Di taman ini terdapat salju abadi yang berada di puncak Gunung Jayawijaya. Pengamatan satwa endemik komodo serta satwa lainnya seperti rusa, babi hutan, dan burung dapat dilakukan di Taman Nasional Komodo, sementara Taman Nasional Kelimutu yang berada di Flores memiliki danau kawah dengan tiga warna yang berbeda.

Seluruh Taman Nasional berada di bawah pengawasan dan pengelolaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan ada beberapa tingkatan zonasi di dalamnya.

Kegiatan wisata biasanya hanya boleh dilakukan di dalam zona pemanfaatan untuk menjaga agar ekosistem di dalamnya tidak terganggu oleh pengunjung. Bahkan ada beberapa taman nasional yang hanya mengijinkan publik masuk pada bulan-bulan tertentu demi menjaga kelestarian alamnya.

Sumber ITDC, edit koranbumn

Check Also

Menteri Erick Thohir Nilai Ahok Bisa Jadi Pendobrak

Sosok mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disebut-sebut bakal mengisi pos di Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *