Home / Berita / Literasi ITDC : Transformasi BUMN Pariwisata Bali

Literasi ITDC : Transformasi BUMN Pariwisata Bali

Sejarah kepariwisataan Indonesia pada tahun 1970-an. Pada tahun ini, mulai banyak wisatawan asing yang melirik Indonesia sebagai daerah tujuan wisata, dan pulau Bali mulai menjadi primadona. Pada dekade ini, ada peristiwa penting yang terjadi yaitu dimulainya pembangunan kawasan pariwisata bertaraf internasional yang pertama di Indonesia.

Pada tahun 1971, Pemerintah dengan bantuan UNDP memprakarsai sebuah studi tentang Pariwisata Bali yang dilaksanakan oleh SCETO, sebuah konsultan dari Perancis. Salah satu dari rekomendasi studi tersebut menyarankan agar di Bali dibangun lebih banyak hotel bertaraf internasional untuk menampung wisatawan asing. Pola dasar rencana induk Pariwisata Bali adalah suatu pembangunan ekonomi, dimana taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat ditingkatkan tanpa mengorbankan nilai-nilai kebudayaan serta struktur sosial kehidupan masyarakat Bali dan lingkungan hidup.

Sebagai tindak lanjut dari rekomendasi dalam Master Plan Pariwisata Bali, Direktorat Jenderal Pariwisata dengan bantuan UNDP menyiapkan Master Plan Kawasan Nusa Dua. Master Plan tersebut dibuat oleh Pacific Consultant International (PCI) dari Jepang bekerjasama dengan Konsultan Indonesia pada tahun 1972.

Salah satu wujud implementasi Master Plan tersebut adalah pembentukan suatu Badan Usaha yaitu PT Pemgembangan Pariwisata Bali (Persero) atau lebih dikenal dengan Bali Tourism Development Corporation (BTDC), yang tujuan utamanya menyelenggarakan tersedianya prasarana dan sarana, mengundang investor untuk membangun hotel serta mengelola dan memelihara Kawasan Pariwisata Nusa Dua.

BTDC inilah yang nantinya bertransformasi menjadi ITDC yang di kenal sekarang.

Check Also

DAHANA Selenggarakan Program Bina Lingkungan Pengobatan Gratis untuk 1.000 Warga

Untuk membuktikan kepedulian terhadap masyarakat, sekaligus wujud BUMN Hadir untuk Negeri, PT DAHANA (Persero) melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *