Home / Berita / Literasi Pertamina : Kilang Minyak Pertama

Literasi Pertamina : Kilang Minyak Pertama

Banyak yang menebak bahwa kilang minyak pertama berada di Cepu, padahal kilang pertama berada di daerah Wonokromo, Surabaya. Apakah Sobat jadi salah satu yang salah menebak? 🙂 Jauh sebelum Perang Dunia II dan perang kemerdekaan, perusahaan-perusahaan minyak asing telah membangun kilang minyak di Indonesia seperti di Wonokromo, Pangkalan Berandan, Cepu, Balikpapan, Plaju, dan Sungai Gerong.

Kilang Wonokromo dibangun pada tahun 1889 setelah ditemukan minyak di daerah konsesi Jabakota dekat Surabaya oleh De Dordtsche Petroleum Maatschappij.

Kilang minyak tersebut silih berganti berpindah tangan karena masa perang masih berlangsung. Bahkan karena itu, kilang Wonokromo sempat hancur oleh pemboman tentara sekutu.

Pada Tahun 1911 Kilang Wonokromo dibeli oleh BPM dan dioperasikan bersama Kilang Cepu. Sampai pada akhirnya tahun 1972 Pertamina memiliki 8 kilang minyak. Kilang Pangkalan Berandan, Kilang Plaju, Kilang Wonokromo, Kilang Dumai, Kilang Sungai Pakning, Kilang Sungai Gerong, Kilang Balikpapan, dan Kilang Cepu.

Sumber ESDM, edit koranbumnLiterasi

Check Also

Penataan Aset Negara, Jasa Tirta II Berharap Dapat Tingkatkan Pendapatan

Perum Jasa Tirta II merampungkan pembangunan hotel dan pusat pendidikan di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *