Home / Berita / Literasi Perum Perumnas : Jenis Triplek atau Kayu Lapis

Literasi Perum Perumnas : Jenis Triplek atau Kayu Lapis

Material kayu memang melengkapi proses pembuatan sebuah hunian. Jenis kayu pun bermacam-macam,  salah satunya adalah kayu lapis atau biasa disebut triplek.
.
Triplek sendiri adalah lapisan kayu yang direkatkan bersama dengan sudut urat (grain) yang disesuaikan untuk menciptakan hasil yang lebih kuat. Uniknya lapisan ini ditumpuk dalam jumlah ganjil agar tidak ada pembelokan atau warping sehingga mampu menciptakan konstruksi yang seimbang. Biasanya triplek digunakan sebagai plafon rumah.
.
Dalam penggunaannya, triplek memiliki kelebihan dibandingkan dengan material sejenis. Triplek termasuk material yang mempunyai tingkat ketahanan tinggi, sehingga tak mudah susut dan ukurannya tidak mudah berubah. Sayangnya meskipun tergolong kuat, jika triplek terus menerus dihadapkan pada cuaca yang ekstrim, daya tahannya akan berkurang.

Triplek atau kayu lapis ini memiliki berbagai jenis:

1. Particle board
memiliki kualitas yang tidak terlalu bagus karena dibuat dengan mencetak serpihan-serpihan kayu sehingga membentuk papan. Particle board juga rentan terhadap air dan mudah rusak.

2. Plywood,
teksturnya rapat, kekuatan yang tinggi, dan tahan terhadap air membuat plywood mampu bertahan hingga puluhan tahun.

3. Blockboard
Terdiri dari 3 kayu lapis yang digabung menjadi satu dengan dua lapisan luarnya memiliki ketebalan yang lebih tipis dibanding lapisan luarnya.

4. Teakblock
Terbuat dari beberapa lembar kayu jati yang dijadikan satu, teakblock memiliki kekuatan yang sangat bagus.

5. MDF (Medium Density Fiberboard)
Triplek jenis ini berasal dari campuran serat kayu lunak dan keras yg ditempelkan menggunakan lem/ lilin kemudian dicetak dlm mesin bertemperatur & tekanan yg tinggi. Biasanya MDF digunakan untuk pembuatan furniture.

6. Melaminto
Sifat triplek jenis ini adalah dekoratif sehingga lebih sering digunakan untuk memperindah tampilan sebuah papan kayu biasanya dipakai sebagai whiteboard atau kitchen set.

Sumber Perum Perumnas, edit koranbumn

Check Also

Peruri Raih Penghargaan SNI Award 2019

Peruri berhasil meraih penghargaan SNI Award 2019 peringkat Perak yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *