Home / Berita / Literasi PTPN VIII: 7 Manfaat Limbah Kelapa Sawit Bagi Manusia

Literasi PTPN VIII: 7 Manfaat Limbah Kelapa Sawit Bagi Manusia

1. Sebagai pembuatan pupuk organik
Sisa limbah kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Dengan menggunakan pupuk yang berasal dari limbah kelapa sawit, maka para petani dan juga warga yang memiliki kebun tidak perlu terlalu menggantungkan kelangsungan hidup kebun mereka dari pupuk kimia lagi.

2. Sebagai bahan pakan ternak
Selain dimanfaatkan sebagai pupuk organik, manfaat limbah kelapa sawit juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pakan ternak. Limbah dari pengolahan kelapa sawit ini memilki nutrisi yang cukup baik untuk ternak sehingga selalu menjaga kualitas dari hewan ternak.

3. Pembuatan pulp kertas
Limbah kelapa sawit bisa dimanfaatkan sebagai bahan dari pulp kertas. Limbah dari kelapa sawit ini dapat mengurangi ketergantungan impor Indonesia terhadap bahan dasar dari pulp kertas, serta dengan kualitas yang baik.

4. Sebagai arang
Sama seperti manfaat batok kelapa, tempurung dari tanaman sawit sendiri memiliki manfaat yang sangat baik untuk dijadikan sebagai arang. Biasanya kita mengenal ini dengan istilah arang batok.

5. Sebagai perabotan rumah tangga
Batang dari tanaman sawit yang sudah tidak terpakai, akan menjadi limbah dan biasanya akan dibuang. Namun ternyata batang dari kelapa sawit ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan perabotan rumah tangga dan juga keperluan hiasan rumah tangga dengan harga yang tinggi.

6. Sebagai media perkembangan dari jamur
Ketika panen, kelapa sawit akan ditumpuk pada suatu wadah penyimpanan. Ketika wadah penyimpanan itu mulai kosong dan hanya tersisa beberapa limbah kecil dari kelapa sawit itu, maka akan muncul jamur. Jamur ini sering dikenal dengan nama jamur sawit.

7. Tanah bekas tumbuhnya kelapa sawit memiliki unsur hara yang tinggi
Lahan yang kosong atau lahan yang berada pada sekitar lahan tanaman kelapa sawit tersebut memiliki kandungan unsur hara yang sangat tinggi. Unsur hara yang sangat tinggi membuat tanah dari lahan kelapa sawit tersebut dapat membuat tanaman yang tumbuh di dalamnya menjadi lebih subur dan juga segar.

Sumber PTPN VIII, edit koranbumn

Check Also

PP Presisi Perkirakan Hanya Bisa Belanjakan Modal Sebesar 70 Persen dari yang Dianggarkan

PT PP Presisi Tbk. konservatif dalam menggunakan dana belanja modal atau capital expenditure. Dari dana yang disiapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *