Home / Berita / Literasi PTPNXI: Kantor Pusat PTPN XI, Bangunan Cagar Budaya

Literasi PTPNXI: Kantor Pusat PTPN XI, Bangunan Cagar Budaya

Kota Surabaya, Jawa Timur memiliki banyak tempat dan bangunan bersejarah bekas peninggalan Belanda. Bangunan bekas kolonial Belanda tersebut pun menjadi bangunan cagar budaya. Diperkirakan ada ratusan bangunan cagar budaya di Surabaya.

Salah satunya Gedung PTPN XI. Kantor pusat PTPN XI ini merupakan peninggalan Belanda yang dahulu gedung Haandels Vereeniging Amsterdam (HVA) Comidites Straat atau disebut asosiasi pedagang Amsterdam. HVA didirikan saat era kolonial Belanda pada 1878.

Gedung peninggalan HVA ini merupakah salah satu gedung terbesar pada zaman Belanda. Bahkan melambangkan konglomerasi industri gula pada saat itu. Gedung PTPN XI ini dirancang oleh arsitek Hulswit, Fermont dan Ed.Cuypers. Gedung ini dibangun pada 1911 dan selesai dibangun pada 1921. Peresmian gedung dilakukan pada 18 April 1925.

Meski terlihat kuno, gedung berlantai dua ini ternyata anti gempa. Hal itu seperti disampaikan Ketua Love Suroboyo Shandy Setiawan. ”Gedung terbesar di zaman Belanda anti gempa. Konstruksinya kuat sebagian dari baja,” ujar Shandy

Shandy menuturkan, gedung tersebut juga telah mengalami renovasi di bagian belakang. Menariknya, gedung ini juga memiliki bunker atau ruang bawah tanah. Menariknya di gedung ini juga terdapat relief menanam tebu, panen kopi, tebu yang merupakan bagian aktivitas perkebunan saat masa Belanda.

Sumber PTPN XI, edit koranbumn

Check Also

Menteri Erick Thohir Belum Bersedia Ungkap Nama Calon Dirut BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah menyerahkan nama-nama calon direksi untuk tiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *