Home / Berita / Menteri Basuki Hadimuljono Pantau Perkembangan Renovasi Besar-besaran Masjid Istiqlal

Menteri Basuki Hadimuljono Pantau Perkembangan Renovasi Besar-besaran Masjid Istiqlal

 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memantau perkembangan renovasi besar-besaran Masjid Istiqlal di Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Selain Istiqlal, pemerintah juga akan merenovasi beberapa tempat ibadah lainnya.

“Di antaranya di Semarang ada Masjid Baiturrahman, kemudian Masjid Syuhada di Jogja, kita akan coba bantu dengan renovasi,” tutur Basuki di Jakarta.

Meski begitu, belum diketahui kapan rencana renovasi masjid-masjid tersebut terlaksana, sebab saat ini PUPR masih fokus menyelesaikan pembenahan Istiqlal.

Selama renovasi Istiqlal, Basuki membeberkan beberapa tantangan yang berusaha dihadapi, salah satunya penyesuaian dengan kaidah-kaidah cagar budaya.

Sebagai informasi, Masjid Istiqlal adalah salah satu cagar budaya yang terdaftar di situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan peringkat nasional dan dikelola Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta. Ada beberapa hal yang tidak boleh begitu saja dirubah, menurut Basuki. Contohnya, renovasi stadion Gelora Bung Karno (GBK).

“Saya kira renovasi itu tidak lebih mudah dari membangun baru, jadi tantangannya kita harus mengikuti kaidah cagar budaya. Kita ingin memperbaiki, tapi kita juga harus mengikuti budaya, seperti GBK contohnya. Kita ingin memperindah tapi tidak boleh sembarangan karena itu gedung heritage,” tambahnya.

Sementara, Masjid Istiqlal nantinya akan lebih dihijaukan di bagian atas agar bisa menyerap polusi Jakarta yang berlebih. Tahapan pembangunannya hingga saat ini sekitar 3 hingga 4 persen, lebih cepat dari rencana.

Sumber Merdeka, Liputan6 edit koranbumn

Check Also

Holding Pelindo Jadi Solusi Tingkatkan Standarisasi Pelabuhan RI

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, Elvyn G Masassya menyebutkan saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *