Home / Berita / Pagelaran Pencak Silat Digelar Rutin oleh PG sejak tahun 2003

Pagelaran Pencak Silat Digelar Rutin oleh PG sejak tahun 2003

Pendiri Forum Pecinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia (FP2STI), Edwin Hidayat Abdullah mengapresiasi kepedulian PT Petrokimia Gresik (PG) dalam melestarikan Pencak Silat sebagai budaya luhur bangsa Indonesia. Edwin yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata (ELKP) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, hadir dan membuka secara resmi Pagelaran Pencak Silat yang digelar PG (26/07/2019)

Direktur Utama (Dirut) PG, Rahmad Pribadi menyampaikan bahwa Pagelaran Pencak Silat digelar secara rutin oleh PG sejak tahun 2003 tanpa putus,  dan merupakan agenda rutin dalam rangka HUT PG. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengangkat dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal, dan budaya nasional yang memiliki peranan penting dalam membentuk generasi muda yang berkarakter. Selain itu juga sebagai sarana mempererat silaturahmi, dan wujud terima kasih kepada masyarakat sekitar atas dukungannya terhadap kelancaran operasional perusahaan.

Dalam kesempatan ini, Rahmad juga mohon doa dan dukungan masyarakat, agar PG yang sedang bertransformasi bisnis menuju perusahaan Solusi Agroindustri dapat secara konsisten memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, bangsa, dan negara.

Deputi Bidang Usaha ELKP Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah menyampaikan, pagelaran pencak silat yang dihelat oleh PG ini tidak hanya sekedar untuk melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia, namun juga merupakan upaya PG dalam membangun generasi muda yang lebih mumpuni, berdisiplin, dan berakhlak mulia. Menurut penulis buku “Keajaiban Silat” ini, silat mampu mencetak kekuatan fisik dan mental bagi generasi muda. Melalui belajar silat, para penerus bangsa juga diajarkan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang maha Esa, dan menjalin silaturahmi demi menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

“Melalui pagelaran pencak silat ini, sebenarnya Petrokimia Gresik mengajak masyarakat menjadi maju. Saya berharap kegiatan ini dapat dicontoh oleh BUMN lain di Indonesia,” ujarnya.

Pagelaran Pencak Silat dalam rangka HUT ke-47 PG, dan HUT ke-74 Republik Indonesia (RI) ini berlangsung di Sarana Olahraga Tri Dharma PG, diikuti oleh 35 perguruan silat (PS) yang berasal dari Kecamatan Gresik (20 PS), Kecamatan Kebomas (7 PS), dan Kecamatan Manyar (8 PS). Pagelaran yang berlangsung di arena expo dan bazar ini juga disaksikan oleh beberapa pimpinan BUMN di Indonesia.

Sumber Petrokimia Gresik, edit koranbumn

Check Also

Teladani Rasulullah, Pupuk Kujang Santuni 200 Anak Yatim

Teladani Rasulullah, PT Pupuk Kujang santuni 200 anak yatim sekitar perusahaan dalam memperingati Maulid Nabi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *