Home / Berita / PAL Indonesia dan Thorcon International Pte, Ltd., Kembangkan dan Membangun Industri Nuklir Nasional.

PAL Indonesia dan Thorcon International Pte, Ltd., Kembangkan dan Membangun Industri Nuklir Nasional.

Tahun 2019, PT PAL Indonesia (Persero) mulai merambah sektor industri baru, yaitu tenaga nuklir. Perusahaan yang selama ini dikenal dalam industri galangan kapal tersebut akan bekerja sama dengan Thorcon International Pte, Ltd. (Thorcon). Thorcon International Pte, Ltd. adalah calon Independent Power Producer (IPP) yang telah menyatakan keseriusan kepada Pemerintah ingin melakukan investasi sebesar USD 1,2 Milyar atau sekitar Rp 17 Triliun untuk membangun PLTT di Indonesia.

Thorium Molten Salt Reactor 500MW (TMSR500) Power Plant yang di kenal sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) 500 MW memiliki konsep desain modular dengan kapasitas tiap reaktor 250 MWe yang dapat dioperasikan multimode, baik sebagai baseload atau load follow.

Keunggulan lain dari desain PLTT Thorcon yakni tidak membutuhkan komponen khusus Nuklir tapi dapat menggunakan komponen standar industri bahkan turbine akan menggunakan turbine ultra-super critical yang dipakai PLT batubara. Thorcon sangat yakin bahwa reaktor beserta komponen pendukung dapat dibuat oleh PT PAL Indonesia (Persero) dimana terbukti berpengalaman membuat kapal dan konstruksi besi dengan standar dunia lebih dari empat dekade. Kerjasama PT PAL Indonesia (Persero) dan Thorcon International ini dapat menjadi awal dari terbangunnya industri nuklir nasional sesuai dengan amanat PP 14 tahun 2015 tentang Rencana Induk Industri Nasional.

Sumber PAL Indonesia, edit koranbumn

Check Also

Peruri Raih Penghargaan SNI Award 2019

Peruri berhasil meraih penghargaan SNI Award 2019 peringkat Perak yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *