Home / Berita / Pasca Bencana Banjir Sentani, PLN Telah Memulihkan 69 Gardu Distribusi

Pasca Bencana Banjir Sentani, PLN Telah Memulihkan 69 Gardu Distribusi

PLN terus melakukan pemulihan pasokan listrik di sebagian besar lokasi yang terdampak bencana banjir bandang Sentani dan sekitarnya mulai dari hari pertama pasca bencana terjadi.
Hingga saat ini, PLN telah memulihkan 66% gardu distribusi, yaitu 69 gardu dari 104 gardu yang padam, serta 6 penyulang telah berhasil dioperasikan kembali untuk melayani pelanggan.

Total 93 personel gabungan yang dikerahkan PLN untuk melakukan pemulihan (recovery) sistem kelistrikan di daerah Sentani dan sekitarnya. Para personel dibagi menjadi 8 tim dengan fokus pekerjaan perbaikan jaringan yang mengalami kerusakan. “Pasca bencana kemarin, sebesar 5,2 MW beban daya yang tidak tersuplai. Namun, saat ini hanya tersisa kurang lebih 1,7 MW sisa daya yang belum dapat tersuplai kepada masyarakat. Sebagian besar daerah yang masih mengalami pemadaman pada daerah depapre dan genyem dikarenakan akses jalan yang belum bisa menuju kesana” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua & Papua Barat Ari Dartomo.

Banjir susulan yang terjadi pada Senin (18/3/2019) malam, mengakibatkan beberapa akses jalan terputus, sehingga cukup menghambat proses pemulihan infrastruktur kelistrikan.
Banjir bandang tersebut juga mengakibatkan beberapa Tower Transmisi SUTT 70 kV segmen Genyem – Sentani mengalami kerusakan, sehingga pendistribusian tenaga listrik rencananya akan dialihkan melalui Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 kV.

Check Also

Dukung Industri Smelter di Sulawesi, PLN Siapkan Investasi Rp137 Triliun

PT PLN (Persero) menyiapkan investasi sekitar Rp137 triliun untuk mengembangkan pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *