Home / Berita / Pegadaian Luncurkan Aplikasi Bank Sampah Mobile di Bandung

Pegadaian Luncurkan Aplikasi Bank Sampah Mobile di Bandung

Pegadaian terus melakukan inovasi dengan memperkenalkan aplikasi mobile baru bernama Integrated Bank Sampah Mobile (IBS Mobile) sekaligus meresmikan The Gade Clean & Gold di Kelurahan Sindangjaya, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung.

“Pada peresmian The Gade Clean & Gold kali ini, ada yang baru dari Pegadaian, yaitu aplikasi bernama Integrated Bank Sampah Mobile. Dengan aplikasi ini masyarakat diharapkan mampu mengolah sampah secara terintegrasi dan berkelanjutan. Melalui program The Gade Clean & Gold diharapkan bisa menyadarkan masyarakat akan pemanfaatan sampah” tutur Teguh Wahyono, Direktur TI dan Digital Pegadaian usai acara peresmian Bank Sampah di Bandung (1/12).

Teguh menjelaskan peresmian Bank Sampah di Kelurahan Sindangjaya, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung ini merupakan salah satu perwujudan dari program CSR (Corporate Social Responsibility) Pegadaian yang bertajuk Pegadaian Bersih-Bersih, yang terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan, sebagai bentuk kepedulian sosial Pegadaian kepada Masyarakat.

Kemudian dia juga mengatakan The Gade Clean & Gold adalah program Pegadaian yang mengajak seluruh masyarakat untuk mengetahui cara yang baik dan benar dalam memilah sampah, dengan memberikan sebuah bimbingan dalam mengolah sampah menjadi tabungan emas Pegadaian. Cara tersebut dinila dapat menjadikan salah satu cara untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga di Kelurahan Sindangjaya dan sebagai upaya penghidupan warga sekitar dari pemanfaatan kembali sampah.

“Nanti masyarakat Kelurahan Sindangjaya melihat, tim dari Pegadaian membentuk rumah pengelolaan sampah di pool. Kemudian, masyarakat akan diajarkan untuk melolah sampah untuk dibagi menjadi sampah yang Organik dan Non-Organik. Lalu, disetor, ditimbang,diproses, dan diolah. Selanjutnya tahap terakhir, yaitu hasil pengolahan dapat ditukar dengan tabungan emas,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial menyampaikan apresiasinya kepada Pegadaian dengan program The Gade Clean & Gold di Bandung. “Adanya Bank Sampah Sindangjaya ini, dapat membuat seluruh masyarakat Bandung peduli terhadap kebersihan, apalagi saat ini jumlah sampah yang terus menerus meningkat sehingga tidak dipungkiri lingkungan kita semakin tercemar. Kemudian, diharapkan juga Bank Sampah Sindangjaya ini dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar.”

Sebagai informasi, Program The Gade Clean & Gold di kota Bandung, merupakan sebagai wujud kepedulian Pegadaian dan menegaskan kehadirannya sebagai BUMN Hadir untuk Negeri sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat baik dalam sektor ekonomi maupun lingkungan.

Sumber Pegadaian

Check Also

Waskita Realty Ikut Serta Pameran Indonesia Property Expo 2019

Waskita Realty ikut serta pada pameran Indonesia Property Expo 2019, di Hall A & B …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *