Home / Berita / Pegadaian Siapkan Strategi Bersaing di Era Industri 4.0

Pegadaian Siapkan Strategi Bersaing di Era Industri 4.0

 Industri gadai hadapi tantangan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. PT Pegadaian telah menyiapkan strategi agar tetap bertahan.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Harianto Widodo bilang, bahwa Indonesia akan memasuki industri 4.0 berupa era digitalisasi, otomasi, dan penggunaan kecerdasan buatan (AI). Maka itu Pegadaian tidak bisa mengandalkan pola bisnis tradisional di tengah pertumbuhan pasar milenial.

Apalagi persaingan, kata Harianto, industri gadai semakin ketat dengan ditambah berkembang layanan fintech peer to peer (P2P) lending. Kehadiran mereka bisa menjadi ancaman sekaligus tantangan bagi Pegadaian.

“Bisnis Pegadaian ter-destruct oleh berbagai hal dan ini menjadi tantangan bisnis ke depan,” kata Harianto di Yogyakarta, Jumat (26/7).

Hadapi tantangan tersebut, Pegadaian siapkan G-Star Generation berupa startegi 5G’s, yakni Grow Crow (menumbuhkan bisnis utama), kemudian Grab New (menangkap peluang baru), Groom Talent (mengembangkan talenta internal), Gen-Z Tech (teknologi generasi terkini) dan Great Culture (budaya perusahaan yang hebat).

Sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

Perampingan Tujuh Deputi, Muncul Tiga Deputi Baru di Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perampingan struktur organisasi kementerian dengan memberhentikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *