Home / Berita / Pegadaian Ubah Sampah Jadi Emas di Dompu

Pegadaian Ubah Sampah Jadi Emas di Dompu

Persoalan sampah di  pedesaan maupun perkotaan tak kunjung selesai. Tingginya kepadatan penduduk membuat konsumsi masyarakat pun tinggi. Di sisi lain, lahan untuk menampung sisa konsumsi terbatas. Persoalan semakin bertambah. Sampah konsumsi warga ternyata banyak yang tidak mudah terurai, terutama plastik. Semakin menumpuknya sampah plastik menimbulkan pencemaran serius. Kondisi ini disadari sebagian masyarakat dengan menumbuhkan upaya pengurangan sampah plastik. Kantong plastik baru dapat mulai terurai paling tidak selama lebih dari 20 tahun di dalam tanah. Jika kantong plastik itu berada di air, akan lebih sulit lagi terurai.

Direktur SDM & Hukum Moh. Edi Isdwiarto, berharap dengan melalui The Gade Clean & Gold, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, peduli lingkungan akan meningkat,  Sehingga, program Sampah Menjadi Emas yang kita canangkan bersama-sama pemerintah, dapat mencapai hasil yang maksimal.

Program The Gade Clean & Gold  dan Pemberian CSR di kota Dompu, katanya, sebagai wujud kepedulian Pegadaian dan menegaskan kehadirannya sebagai BUMN Hadir untuk Negeri sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat baik dalam sektor ekonomi maupun lingkungan. Selain itu juga Kota Dompu dapat dijadikan contoh untuk daerah-daerah lain disekitarnya untuk sadar akan lingkungan yang bersih.

“Kami akan memberikan pembekalan untuk mengumpulkan dan mengolah sampah, selanjutnya dikonversikan menjadi Tabungan Emas. Dengan adanya bank sampah didaerah Dompu, Pegadaian hadir dengan program Bersih-bersih Lingkungan ‘The Gade Clean & Gold’ ,” katanya saat peresmian di Kelurahan Karijawa Dompu  29/11/2018

Pada hari yang sama juga dihadiri oleh Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin secara langsung meninjau peresmian Bank Sampah The Gade Clean & Gold di Kelurahan Karijawa Dompu .

Untuk pengadaan The Gade Clean & Gold ini dibutuhkan pembangunan 1 unit bank sampah dengan sarana timbangan, satu unit mesin pencacah plastik, ada alat angkut 3 kendaraan Operasional tiga roda Viar, dan untuk memudahkan dalam administrasi telah disiapkan satu laptop dan satu printer dan juga bak sampah dari pihak Pegadaian kepada pihak pengelola bank sampah. Dalam penyiapan sarana penunjang diatas, diberikan bantuan sebesar Rp. 156.050.000, dan untuk pembuatan bangunan fisik mulai dari awal diberikan bantuan sebesar Rp. 90.000.000,-

Kegiatan The Gade Clean & Gold juga memberikan diberikan kepada komunitas pemuda Sarangge Kelurahan Bali sebesar Rp. 20.500.000,- untuk kegiatan bersih bersih lingkungan.

Kegiatan The Gade Clean & Gold juga memberikan diberikan kekampung kreatif kelurahan Dorotangga sebesar Rp. 43.840.000,- untuk kegiatan bersih bersih lingkungan.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga ada pemberian CSR berupa pembangunan Pura Agung Setya Dharma Kabupaten Dompu sebesar Rp. 30.000.000,-

Dan juga memberikan bantuan  berupa bibit tanaman okulasi dihutan Tambora Calabai sebesar. Rp. 30.000.000,-

Secara total Pegadaian telah memberikan bantuan terkait bank sampah dan CSR di Dompu  sebesar Rp. 370.390.000,-

Pogram The Gade Clean & Gold hadir di Dompu, Kehadirannya diharapkan banyak memberikan manfaat ke masyarakat setempat karena mereka dapat memanfaatkan sampah menjadi tabungan emas.

Sumber Pegadaian

Check Also

Proyek NINDYA, Pembangunan Airport Learning Center Diresmikan

Gedung Airport Learning Center Angkasa Pura II yang di bangun NINDYA telah diresmikan ditandai dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *