Home / Berita / Pekerjaan Trackwork LRT ADHI

Pekerjaan Trackwork LRT ADHI

Pekerjaan LRT ADHI pada ruang lingkup fasilitas operasi dan trackwork menghabiskan biaya Rp6,559 triliun atau sekitar Rp147,63 miliar/km.

Kini, trackwork sudah mulai terpasang, salah satunya di lintas pelayanan Cawang-Cibubur. Pekerjaan trackwork terdiri dari pemasangan rel LRT, plinth dan turnout. Pemasangan rel LRT dimulai dari Taman Mini hingga saat ini sudah mencapai Stasiun Cibubur.

Dalam pemasangan rel, tidak terlepas dari pengecoran dan pembuatan concrete plinth atau beton plinth. Plinth nantinya digunakan sebagai alas lintasan rel kereta LRT.

Selain plinth, terdapat turnout yang merupakan lintasan atau jalur yang dirancang untuk sistem pergantian kereta, sehingga kereta LRT dapat berpindah dari satu jalur ke jalur lainnya. Sebagai komponen pendukung rel LRT, pekerjaan trackwork menggunakan bantalan kereta “fastening system”. Fastening system inilah yang akan menghubungkan bantalan dengan rel.

ADHI turut andil dalam mengerjakan fasilitas operasi, antara lain Persinyalan, Sistem Tiket, Telekomunikasi dan Elektrifikasi Rel.

Sebagai informasi, persinyalan LRT Jabodebek nantinya menggunakan Moving Block atau Communication-Based Train Control (CBTC). Adanya persinyalan CBTC ini menjadikan headway atau jarak antar kereta LRT hanya membutuhkan waktu 3 menit. Untuk sistem tiket, LRT Jabodebek direncanakan akan menggunakan Automatic Vending Machine. Selanjutnya untuk jaringan telekomunikasi, LRT Jabodebek menggunakan Fiber Optic. Kemudian untuk Elektrifikasi Rel, terdapat 3rd rail sebagai listrik aliran bawah yang digunakan pada LRT Jabodebek. Sehingga tidak ada kabel listrik yang menjuntai di atas rel,

sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

Digitalisasi Pembayaran, BNI Fasilitasi Hak Tanggungan Secara Online

Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *