Home / Berita / Pelabuhan Tanjung Emas menjadi Gerbang Ekspor Perdana Edamame

Pelabuhan Tanjung Emas menjadi Gerbang Ekspor Perdana Edamame

Pelabuhan Tanjung Emas yang dikelola Pelindo III dipercaya menjadi gerbang ekspor perdana edamame (Glycine max L) ke Belanda oleh Kementerian Pertanian ,(3/7). Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut hadir dalam rangka gerakan bersama ekspor produk pertanian Jawa Tengah menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045.

Edamame yang diekspor perdana ini diproduksi oleh petani di Wonosobo, Temanggung, dan Magelang, volumenya sebanyak 40 ton dari total permintaan 480 ton dengan nilai ekonomi Rp 13,2 miliar. Sebelumnya, Edamame asal Jateng ini telah diekspor ke negara Jepang, Lebanon, Amerika Serikat, India, dan Singapora. Kini mendapat pasar baru ke Belanda yang diekspor melalui Terminal Peti Kemas Semarang.
.
Kini Pelindo III juga berinovasi menerapkan pelayanan pengiriman pesan secara elektronik (Delivery Order Online) untuk peti kemas impor. Jadi importir kini tidak perlu datang mengurus dokumen impor di pelabuhan. Cukup dari kantornya masing-masing menginput dokumen secara online. Selanjutnya tinggal kirim truk ambil barangnya di terminal peti kemas Pelindo III.

Sumber Pelindo III, edit koranbumn

Check Also

Ceria Pinjaman Online Milik BRI, dengan Plafon Maksimal Rp20 Juta

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. meluncurkan pinjaman online yang diberi nama Ceria. Perseroan berharap dapat mengukuhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *