Home / Berita / Pelatihan Vendor Lokal Dalam Menata Kelola Perusahaan yang Baik

Pelatihan Vendor Lokal Dalam Menata Kelola Perusahaan yang Baik

Persaingan dunia usaha yang semakin ketat, membuat perusahaan-perusahaan bertaraf lokal harus mampu bersaing dan mengikuti perkembangan kekinian. Hal ini membuat PT Semen Padang sebagai salah satu BUMN terbesar di Sumatera Barat, terpanggil untuk menggelar pelatihan terhadap vendor lokal dalam menata kelola perusahaan yang baik.

Pelatihan sehari kepada vendor lokal yang digelar oleh Seksi Program Kemitraan Unit CSR PT Semen Padang tersebut, digelad di salah satu hotel di Kota Padang pada Rabu 26 Juni 2019. Selain 200 vendor yang hadir sebagai peserta, ikut hadir dalam kesempatan tersebut yang sekaligus sebagai pemateri yaitu Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Barat, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan serta KP2KP Sumbar. Sementara dari pihak internal PT Semen Padang, hadir Direktur Keuangan Tubagus Muhammad Dharury, Kepala Unit CSR Muhammad Ikrar, Kepala Seksi Program Kemitraan CSR Satrio Rian Bhakti serta Staff CSR dan Humas PT Semen Padang.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang, M Ikrar mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali yang digelar oleh PT Semen Padang kepada para vendor lokal. Ia berharap, ilmu yang di dapat para vendor dalam pelatihan kali ini, dapat bermanfaat bagi para vendor dan diterapkan dalam menjalan perusahaannya.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para vendor lokal, dalam menghadapi tantangan dunia usaha yang semakin berkembang semakin pesat. Tantangan saat ini dalam dunia usaha semakin ketat, sehingga para vendor akan menghadapi persaingan yang cukup berat dalam dunia usahanya kedepan,” sebuat M. Ikrar saat menyampaikan sambutan.

Kegiatan ini menurutnya, sekaligus bagian dari kepedulian CSR Semen Padang, dalam memberdayakan lingkungan dan masyarakat, terutama dalam bidang dunia usaha.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Semen Padang, Tubagus Muhammad Dharury mengatakan, sebagai BUMN yang banyak menggunakan vendor dan perusahaan lokal, sangat perlunya perusahaan tersebut memahami terkait aturan dunia usaha. Hal ini menurutnya, karena perkembangan tekhnologi yang semakin pesat.

“Perkembangan teknologi saat ini, membuat persaingan dunia usaha dapat terjadi di dunia maya atau digital. Untuk itu, para vendor lokal harus lebih paham soal aturan di dunia usaha, sehingga tak tergerus oleh zaman. Jangan sampai, karena kemajuan teknologi, vendor lokal kalah bersaing dengan vendor nasional bahkan internasional,” sebutnya saat membuka acara.

Selain itu Ia menambahkan, bahwa PT Semen Padang sebagai perusahaan pengguna jasa vendor lokal, juga harus mempersiapkan diri menghadapi kemajuan zaman saat ini. Sehingga, apa yang terjadi di dunia usaha, juga dapat di atur dan di kontrol meggunakan teknologi yang ada.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Vendor Lokal Semen Padang, Dani, menyambut baik dan antusias dengan kegiatan yang di gelar oleh CSR tersebut. Menurutnya, dengan kegiatan ini para vendor semakin paham dengan aturan-aturan yang berlaku dalam menjalankan dunia usaha. Sehingga Ia pun merasa yakin dan optimis, mampu bersaing dengan vendor-vendor luar yang ingin bersaing dengan vendor lokal.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami pun optimis, mampu bersaing dengan vendor luar jika mereka ingin bersaing dengan kami,” katanya

Sumber semenpadang, edit koranbumn

Check Also

Peduli Berbagi Kasih, Pekerja Pertamina Kunjungi Anak Penderita Kanker

Para pekerja PT Pertamina (Persero) berkunjung ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) di Cempaka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *