Home / Berita / Pembangunan Bendungan Leuwikeris di Jawa Barat

Pembangunan Bendungan Leuwikeris di Jawa Barat

Selain membangun konstruksi jalan, jembatan dan prasarana transportasi, Pemerintah sedang membangun 49 bendungan baru ,salah satunya adalah Bendungan Leuwikeris, yang terletak di Sungai Citanduy.

Pembangunan Bendungan Leuwikeris bertujuan untuk mengairi daerah irigasi seluas 11.216 hektar. Selain itu, bendungan dapat digunakan sebagai penyedia sumber air baku di Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis dengan kapasitas sebesar 845 liter/detik dan nantinya menjadi salah satu sentra pertanian di Provinsi Jawa barat.

Bendungan ini memilki manfaat lainnya seperti pembangkit listrik tenaga air sebesar 20 MW dan mereduksi banjir sebesar 450 meter kubik per detik. Nah, bendungan ini juga dirancang dengan kapasitas tampung yang cukup besar sekitar 81,44 juta m3, atau enam kali lebih besar dari Bendungan Raknamo di Provinsi NTT sebesar 14 juta m3.

Pembangunan Bendungan Leuwikeris dilakukan oleh Kementerian PUPR, ADHI juga turut mengerjakan konstruksi bendungan pada paket kedua dengan Kerja Sama Operasi (KSO) bersama Waskita Karya untuk pembangunan pelimpah (spillway). Sebagai informasi, spillway merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengendalikan pelepasan air yang mengalir dari bendungan atau tanggul ke daerah hilir. Nah, spillway juga menjadi solusi untuk mengatasi banjir Sobat.

Bendungan Leuwikeris ditargetkan rampung pada tahun 2021. Menariknya, bendungan akan dibuka untuk arena wisata air.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Jalin Sinergi Aliansi Perguruan Tinggi BUMN Membentuk BUMN Universities

Sebagai komitmen Pertamina untuk melakukan sinergi BUMN, Pertamina ikut serta dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *