Home / Berita / Pemerintah dan Maskapai Cari Cara Sediakan Tiket Pesawat Murah Bisa Setiap Hari

Pemerintah dan Maskapai Cari Cara Sediakan Tiket Pesawat Murah Bisa Setiap Hari

Pemerintah tengah mencari cara untuk menyediakan tiket pesawat murah setiap hari untuk masyarakat. Saat ini, kebijakan yang ada hanya menyediakan tiket murah di hari dan jam tertentu saja.

Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono, menyebutkan kebijakan saat ini yang hanya menyediakan tiket pesawat murah pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu pada jam 10.00 – 14.00 waktu setempat belum ampuh menjadi solusi mahalnya tiket pesawat.

“Kurang nendang buat masyarakat,” kata dia, di Kantornya, Jakarta, Senin (22/7).

Dia pun menjelaskan bahwasanya kebijakan yang ada saat ini memang bersifat jangka pendek. Maka itu pemerintah sudah mulai menyiapkan rencana jangka panjang guna menjaga ketersediaan tiket pesawat murah untuk masyarakat.

Dia berharap, ke depannya tiket murah dapat tersedia setiap hari dan di semua jam. Hal itu juga sejalan dengan keinginan maskapai agar jumlah penumpang kembali meningkat.

Untuk itu, implementasi kebijakan tiket murah saat ini akan dijadikan acuan untuk melakukan kajian struktur biaya yang ideal seperti apa untuk menghasilkan harga tiket terjangkau masyarakat luas.

“Kalau bisa dilanjutkan, jangan tertentu saja jadwalnya. Namun dengan treatment yang sekarang, baru bisa jadwal tertentu dan ada penyempurnaan,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, saat ini semua usulan akan ditampung oleh pemerintah. Termasuk kendala dalam implementasi penyediaan tiket murah saat ini, yaitu sistem reservasi masing-masing maskapai.

Selain itu, persoalan penurunan tiket pesawat juga harus melibatkan banyak pihak lain seperti kementerian keuangan untuk kebijakan fiskal dan kementerian pariwisata untuk kaitannya dengan industri pariwisata.

“Untuk sampai ke sana, pengurangan cost di mana harus dipikirkan. Sejalan dengan rencana menengah panjang, termasuk dengan Kemenkeu dan Kemenpar,” ungkapnya.

Senada, Pendiri Lion Group, Rusdi Kirana mengungkapkan ada beberapa usulan terkait kebijakan penurunan harga tiket pesawat tersebut.

Rusdi mengungkapkan dalam rapat tersebut Menko Darmin meminta agar penurunan tarif tiket pesawat diberlakukan setiap hari. Hal itu juga sejalan dengan usulan dari pihak maskapai yang sama-sama menginginkan ketersediaan harga tiket pesawat murah dan terjangkau.

“Nah ini rapatnya bagaimana dibuat itu dari Senin-Minggu kemudian dari pagi sampai pagi,” ujarnya.

“Intinya gini, yang imbauan kemarin itu kan hanya sementara, tidak mungkin kan orang mesti bepergian di jam-jam itu, bisa saja keperluannya beda. Nah sekarang pak menko dan pak menhub idenya bagaimana dengan jika Senin-Minggu dari pagi sampai pagi (harga tiket murah),” tambahnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Rusdi mengungkapkan pemerintah siap memberi insentif fiskal untuk maskapai. “Untuk itu akan ada insentif fiskal. Kemudian sama-sama sharing apa yang bisa kami sharing. Karena apa yang dilakukan sekarang kan sifatnya sementara. Karena tidak mungkin kan selamanya hanya seminggu tiga kali,” ujarnya.

Dia menegaskan masyarakat membutuhkan harga tiket pesawat¬†murah juga tidak diberikan pada jam tertentu saja. Seperti saat ini, tiket murah hanya berlaku pada pukul 10.00 – 14.00 waktu setempat. “Masyarakat juga mintanya kalau bisa, kalau bisa saya (penumpang) jangan dipaksa jam 10 pagi mau berangkat,” tutupnya.

Sumber Merdeka,edit koranbumn

Check Also

Perampingan Tujuh Deputi, Muncul Tiga Deputi Baru di Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perampingan struktur organisasi kementerian dengan memberhentikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *