Home / Berita / Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Grati Blok III

Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Grati Blok III

Kebut Proyek 35.000 MW, MESDM Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Grati Blok III, Jumat (26/7). Persemian disaksikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan ESDM Rida Mulyana, Plt Direktur Utama (Dirut) PLN Djoko Abu Manan, Plt Direktur Utama Indonesia Power M. Ahsin Sidqi dan Wakil Bupati Pasuruan Gus K.H Mujib Imron.

PLTGU Grati terletak di Desa Wates, Pasuruan, Jawa Timur. Pembangkit berkapasitas 450 MW ini terdiri dari 2 gas turbine yang memanfaatkan gas dan Compressed Natural Gas (CNG) serta satu steam turbine dengan sistem pendingin menggunakan air laut.

Beroperasinya PLTGU Grati akan meningkatkan kapasitas penyediaan listrik untuk Pulau Jawa – Bali, khususnya Surabaya Selatan, Paiton dan Krian. Evakuasi daya yang dihasilkan PLTGU Grati akan disalurkan melalui jaringan 500 kV masuk ke dalam Interkoneksi Jawa Bali.

Jonan turut mengapresiasi penggunaan tenaga kerja lokal yang masif. Proyek dengan nilai investasi sebesar Rp 3,61 Trilyun menyerap 2.728 tenaga lokal dan 35 tenaga asing pada masa konstruksinya.

“Peresmian PLTGU Grati sebagai bagian dari program 35 ribu MW yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo. PLTGU Grati jauh lebih hemat/dapat meningkatkan efisiensi dibandingkan PLTGU eksisting yang berumur 20 tahun, sehingga dapat menambah potensi keuntungan hingga sekitar Rp 62 Milyar per bulan,” papar Djoko.

Per Mei 2019, Rasio Elektrifikasi (RE) di Jawa Timur sebesar 98,39 % dan ditargetkan mencapai 99,76 % pada akhir 2019. Pembangunan PLTGU Grati sendiri setara dengan melistriki 625 ribu KK (Kepala Keluarga).

Sumber PLN, edit koranbumn

Check Also

Teladani Rasulullah, Pupuk Kujang Santuni 200 Anak Yatim

Teladani Rasulullah, PT Pupuk Kujang santuni 200 anak yatim sekitar perusahaan dalam memperingati Maulid Nabi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *