Home / Berita / Pertamina Akan Ekspor Cairan Fluida ke Aljazair Sebanyak 4.000 Barel.

Pertamina Akan Ekspor Cairan Fluida ke Aljazair Sebanyak 4.000 Barel.

Pertamina (Persero) akan melakukan ekspor cairan fluida atau smooth fluid SF-05 ke Aljazair sebanyak 4.000 barel.

Rencana tersebut dibenarkan Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman. Menurut dia, ekspor Smooth Fluid akan menambah portofolio perseroan di pasar global.

“Akhirnya Pertamina dapat berperan untuk acceptability produk yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Selasa (2/7/2019).

Smooth Fluid adalah cairan fluida yang digunakan dalam kegiatan pengeboran. Terbuat dari fraksi minyak, cairan ini memiliki beberapa karakteristik nonkorosif dan kompatibel dengan peralatan pengeboran seperti gasket dan seal.

SF-05 juga mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi, termasuk pengeboran lepas pantai dan medan bersuhu tinggi serta bertekanan tinggi.

Rencananya, Pertamina melakukan ekspor perdana SF-05 ke Aljazair melalui Pertamina MOR VI, Balikpapan. Produk ini telah diproduksi Refinery Unit V Balikpapan dengan kapasitas 1,2 juta barel per tahun.

Produk turunan petrokimia ini telah terbukti diterapkan oleh industri migas di Indonesia, baik lepas pantau maupun darat.

Sebelumnya, Pertamina melakukan promosi di ajang North Africa Petroleum Exhibition and Conference (NAPEC) yang berlangsung pada 10 – 13 Maret 2019 di Oran Convention Center, Aljazair.

NAPEC merupakan wahana untuk promosi produk migas unggulan, berdiskusi dan bertemunya para profesioal migas di seluruh dunia. Pameran ini diikuti oleh sekitar 570 operator serta perusahaan teknologi dan layanan dari 40 negara.

Smooth Fluids 05 sebagai bahan dasar campuran cairan pemboran berbasis minyak dengan kinerja tinggi. Saat ini banyak digunakan oleh operator global terkemuka yang beroperasi di seluruh Indonesia dan terus berkembang ke pasar global,” kata Fajriyah.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Holding Pelindo Jadi Solusi Tingkatkan Standarisasi Pelabuhan RI

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, Elvyn G Masassya menyebutkan saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *