Home / Berita / Pertamina Jalin Sinergi BUMN untuk Kembangkan Pertashop

Pertamina Jalin Sinergi BUMN untuk Kembangkan Pertashop

PT Pertamina (Persero) menunjukkan komitmennya dalam sinergi BUMN dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara PT Pindad (Persero), PT Barata Indonesia (Persero), dan PT Len Industri (Persero) di Executive Lounge Kantor Pusat Pertamina, Jakarta (6/3/2019).

Nota kesepahaman tersebut terkait kerja sama penyediaan fabrikasi sarana dan prasarana untuk jaringan Pertashop yang sesuai standar Pertamina dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid, Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose, Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Zakky Gamal Yasin, dan Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Oksarlidady Arifin.

Turut menyaksikan penandatanganan tersebut, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media (PIMS) Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno.

Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina yang memiliki luasan lokasi minimal 4×5 meter. Produk yang dijual ialah Pertalite dan produk pendukung lainnya, seperti pelumas dan LPG. Harga yang dijual di bawah harga yang dijual padagang BBM eceran atau pengecer.

Mas’ud Khamid mengungkapkan, sinergi ini penting untuk dilakukan. “Dari segi ketahanan energi, demi mendekatkan pelayanan BBM di setiap desa, kami membangun Pertashop untuk melengkapi 5000-an SPBU yang dimiliki Pertamina saat ini. Dengan adanya Pertashop diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Selain itu, jaminan pasokan BBM yang berkualitas dengan harga yang terjangkau ini diupayakan bersama oleh sinergi BUMN,” jelasnya.

Menurut Mas’ud, tahun ini akan dibangun 3.000 Pertashop dengan standard dan spesifikasi yang ditetapkan oleh Pertamina dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sinergi BUMN tersebut diapresiasi Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media (PIMS) Fajar Harry Sampurno.

“Ini adalah salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi antar BUMN. Alhamdulillah Pertamina sudah melaksanakan sebelumnya. Terima kasih untuk semua atas kontribusinya dalam menjalankan program jangka panjang pemerintah demi ketahanan energi nasional,” pungkas Fajar

Sumber PERTAMINA, edit koranbumn

Check Also

DAHANA Selenggarakan Program Bina Lingkungan Pengobatan Gratis untuk 1.000 Warga

Untuk membuktikan kepedulian terhadap masyarakat, sekaligus wujud BUMN Hadir untuk Negeri, PT DAHANA (Persero) melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *