Home / Berita / Pertamina RU III Plaju Sinergi dengan Universitas Sriwijaya

Pertamina RU III Plaju Sinergi dengan Universitas Sriwijaya

PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) III Plaju sepakat bersinergi dengan Universitas Sriwijaya (Unsri). Sinergi tersebut diwujudkan dalam penandatanganan kesepakatan kerja sama (MoU) yang dilakukan oleh General Manager RU III Yosua I.M Nababan dan Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ir. Anis Saggaff, MSCE, di Conference Room RU III (22/2/2019).

Kesepakatan itu mencakup kerja sama dalam berbagai aspek. Di antaranya bidang informasi, pendidikan, pelatihan, riset penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan prasarana dan sarana, peningkatan sumber daya manusia, dan perbantuan tenaga ahli. Selain itu, kedua belah pihak juga sepakat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan lain yang melingkupi bidang energi, lingkungan, sosial, ekonomi dan budaya, manajemen sumber daya alam, industri, pengelolaan keuangan, dan kegiatan lainnya yang dapat memberikan dampak optimal bagi keberlanjutan operasional.

Yosua mengatakan, jalinan kerja sama dengan Unsri sangat diperlukan, khususnya dalam hal peningkatan kapabilitas sumber daya manusia dan pemecahan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

”Pertamina bersinergi dengan banyak pihak dalam proses produksi dan operasionalnya, seperti instansi pemerintah, instansi pendidikan, maupun dengan stakeholder lainnya. Melalui strategi seperti ini, Pertamina dapat mengembangkan energi terbarukan yang tentunya juga bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar Yosua.

Melalui sinergi antara Pertamina selaku pelaku Industri dan Unsri sebagai Institusi Pendidikan serta Pemerintah yang merupakan regulator pembuat kebijakan tentunya akan memberikan output terbaik bagi Indonesia pada umumnya, dan masyarakat Sumsel pada khususnya.

Hal senada disampaikan Prof. Dr. Ir. Anis Saggaff, MSCE. Menurut Anis, Unsri sangat menyambut baik kerja sama ini yang sudah diformalkan dalam MoU dan ke depannya diharapkan bisa mengimplementasikan MoU dalam program-program yang diinisiasi bersama.

“Pelaksanaan MoU ini selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat, dengan berlandaskan Openness (saling terbuka), Mutual Respect (Saling menghormati dan saling menguntungkan) dan Trust (saling percaya),” pungkas Anis.

Turut hadir dalam acara tersebut, SMOM RU III, Prayitno serta Tim Manajemen dan Wakil dari UNSRI Rektor IV- Dr. Ir. A. Muslim, M.Agr, Dekan Fakultas Teknik-Prof. Ir. Subriyer Nasir MS. Ph.D, Ketua LPPM- Dr. Ir. H. Muhammad Said, M.Sc, Kepala Badan Pengelola Usaha- Prof Dr Zulfkili Dahlan, MSi, DEA, Kepala Kerjasama dan Layanan Internasional-Dr. Reza Firsandaya Malik, M.T dan Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Faizal, DEA.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

MY PLATUNUM , Yacht Mewah dari Australia Sandar di Benoa Marina Bali

Dermaga Benoa Marina Bali kembali menjadi tempat sandar kapal mewah, setelah minggu lalu kapal MY …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *