Home / Berita / Perum Jamkrindo dan PNM Laksanakan Program Bimbingan UMKM Garut

Perum Jamkrindo dan PNM Laksanakan Program Bimbingan UMKM Garut

Perum Jamkrindo bersama dengan PT Permodalan Nasional Madan (PNM) melaksanakan program bimbingan capacity building dan optimalisasi digital marketing bagi UMKM pengrajin jaket kulit di Garut. Program ini merupakan komitmen Jamkrindo menjadi Perusahaan Penjaminan terdepan yang mendukung Perkembangan Perekonomian Nasional.

Untuk itu, berbagai program dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas produk dan efektivitas pemasaran hasil usaha para pengusaha UMKM pengrajin jaket yang tergabung dalam beberapa kelompok yang di laksanakan di Hotel Fave, Jalan Cimanuk, Kabupaten Garut, pada 26-27 Februari 2019.

Melalui program ini UMKM diberikan bimbingan capacity building dan optimalisasi digital marketing bekerja sama dengan BUMN lainnya yaitu PT Permodalan Nasional Madani.

Secara terpisah, Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilakukan oleh Perum Jamkrindo untuk membantu mengembangkan usaha para UMKM sehingga bisa maju dan berkembang.

“Dengan penambahan capasity building UMKM, maka diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya,” kata Randi Anto.

Pada tahun 2018 Perum Jamkrindo bekerjasama dengan PNM menyalurkan dana kemitraan dan melakukan pembinaan kepada pengusaha binaan. Ada tiga daerah di Indonesia yaitu Magelang, Padang dan Garut. Nilainya mencapai Rp 2,5 miliar.

Lebih jauh Randi Anto memaparkan, ke depan Jamkrindo juga akan terus melakukan sinergi BUMN untuk menyalurkan bantuan program kemitraan untuk UMKM, baik secara mandiri dan tetap bisa bersinergi dengan Pihak BUMN lain.

Di tempat yang sama, Kepala Cabang PT PNM Garut, Gema Arief Pramuji menjelaskan PNM adalah perusahaan Negara yang didirikan untuk membantu pengembangan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKMK). Untuk itu, pihaknya selalu berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia para pengusaha di Kabupaten Garut, sekaligus menyalurkan kredit kerja dan membinanya dengan bekerjasama dengan BUMN lain, termasuk Jamkrindo.

“Capacity building yang diselenggarakan Hari ini adalah sinergi Jamkrindo dengan PNM Garut, tujuannya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia para mitra binaan. Harapan kami, agar di era digital ini mitra binaan lebih kreatif, lebih inovatif memasarkan produknya. Dengan demikian diharapkan usahanya lebih maju,” kata Gema.

Hal tersebut diamini oleh Ketua Kelompok Konveksi Jaket, Husni Adiin. Di sela-sela jadwal mengikuti materi yang padat, Husni bersama kelompoknya yang telah berhasil mengekspor jaket mengungkapkan agar pembinaaan capacity building seperti ini lebih sering diadakan dan materi terus ditingkatkan.

“Materi seperti ini sangat cocok dengan kondisi saat ini. Tentunya sangat bermanfaat untuk kelompok kami. Untuk itu kami harapkan agar kedepannya semakin ditingkatkan, baik dari segi kegiatan maupun materinya,” pungkas Husni.

Sumber Jamkrindo, edit koranbumn

Check Also

BRI Syariah Bagikan Bantuan Pendidikan dan Simpanan Pelajar Bagi Yatim Dhuafa

BRI Syariah memberikan bantuan pendidikan dan simpanan pelajar dalam acara Fin Expo 2019. Fin Expo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *